Show simple item record

dc.contributor.authorWiwin Winarsih
dc.date.accessioned2014-01-23T04:59:15Z
dc.date.available2014-01-23T04:59:15Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210274011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22135
dc.description.abstractKenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih berfokus dan berkisar pada teori dan materi yang ada di buku. Sebagai guru di SDN Kepatihan 05 Jember khususnya di kelas IIc, penulis juga menemukan kenyataan bahwa sebagian besar siswa tidak aktif bahkan cenderung malas jika mendapat pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), sehingga tugas-tugas baik di sekolah maupun di rumah tidak dapat terselesaikan dengan baik, jika masalah ini tidak dicarikan pemecahannya, maka pembelajaran IPA akan berjalan di tempat atau bahkan menemui kegagalan yang sangat fatal. Dengan segala keterbatasan pengetahuan tentang prinsip-prinsip pembelajaran khususnya IPA, penulis introspeksi dan merefleksi diri sambil mencari dan berdiskusi dengan teman-teman sejawat, bagaimana menjadikan pembelajaran IPA menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan berhasil.Akhirnya, penulis sampai pada satu jawaban sebagai langkah alternatif pemecahan masalah di atas. Penulis tertarik akan pendekatan pembelajaran kontekstual atau disebut Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN Kepatihan 05 khususnya Kelas IIc. Selain itu juga untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran bidang studi IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 khususnya kelas IIc yang terdiri dari 40 siswa; 24 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui metode observasi, tes Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran IPA dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas IIc SDN Kepatihan 05 Semester II Tahun 2010 – 2011. Pembelajaran IPA dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IIc SDN Kepatihan 05 Semester II Tahun 2010 – 2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274011;
dc.subjectCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IIC DI SDN KEPATIHANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record