Show simple item record

dc.contributor.authorMAI SAROFA
dc.date.accessioned2014-01-23T04:55:37Z
dc.date.available2014-01-23T04:55:37Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM090210204223
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22124
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa SDN Mumbulsari 01 masih rendah. Faktor penghambat siswa untuk memahami soal dan materi yang diberikan guru adalah metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan aktivitas guru paling banyak mendominasi dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa menjadi pasif sehingga siswa malas belajar yang menyebabkan hasil belajarnya rendah. Berdasarkan hasil tes pendahuluan pada observasi awal dengan ketuntasan belajar se cara klasikal sebesar 25% sedangkan rata-rata kelas hanya mencapai 60,6 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan Model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Mumbulsari 01 Jember. Peningkatan motivasi dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS, motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I dengan skor rata-rata 2,2 dengan kriteris sedang dan pada siklus II skor rata-rata motivasi siswa semakin meningkat menjadi 2,54 dengan kriteria tinggi . Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran ARIAS motivasi belajar siswa dapat meningkat dari kriteria sedang meningkat menjadi tinggi. Hasil belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 25% yang menunjukkan kurang dari SKM yang telah ditentukan. Setelah diterapkan model pembelajara ARIAS, hasil belajar siswa mendapat rata-rata 79,8% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran ARIAS dapat memperbaiki proses pembelajaran, yaitu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air melalui model pembelajaran ARIAS di SDN Mumbulsari 01 tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas IV SDN Mumbulsari 01, maka dapat diberikan saran bahwa siswa sebaiknya dijadikan subjek pembelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajarnya. Bagi guru dan bagi peneliti yang akan mengadakan penelitian ilmiah di bidang pendidikan selanjutnya serta pihak sekolah terkait hendaknya menerapkan pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204223;
dc.subjectASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTIONen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPS MATERI SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS SATISFACTIONen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record