Show simple item record

dc.contributor.authorYakuttatil Farida
dc.date.accessioned2014-01-23T04:48:03Z
dc.date.available2014-01-23T04:48:03Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM040210101183
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22101
dc.description.abstractKetidaktahun siswa tentang manfaat materi-materi yang dipelajari dalam mata pelajaran matematika berdampak pada rendahnya minat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang digunakan guru di kelas cenderung monoton, sehingga kurang membangkitkan keingintahuan siswa dalam mempelajari matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Besuki dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2011 sampai dengan 30 Oktober 2011. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas X.C. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Pembelajaran I dan pembelajaran II pada siklus I serta pembelajaran III dan pembelajaran IV pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran metakognitif pada pokok bahasan logaritma terlaksana dengan lancar. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada pembelajaran I adalah 70%, pada pembelajaran II adalah 73,57%, pada pembelajaran III adalah 78,10%, dan pada pembelajaran IV meningkat menjadi 81,43%. Kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara lain terdapat beberapa http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id siswa yang sulit mengontrol dan menuliskan proses berpikirnya, kurang berpartisipasi dan cenderung pasif. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 40% dan mencapai 83% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa %75 , yaitu 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metakognitif pada pokok bahasan logaritma cukup optimal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jemben_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101183;
dc.subjectPENERAPAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIFen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN LOGARITMA DI KELAS X.C SEMESTER GANJIL SMAN 1 BESUKI TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record