Show simple item record

dc.contributor.authorHerman Felani
dc.date.accessioned2014-01-23T04:47:27Z
dc.date.available2014-01-23T04:47:27Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM050210301317
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22100
dc.description.abstractPemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Pemberian motivasi belajar dapat mendorong anak untuk meningkatkan kegiatan belajarnya. Adanya dukungan pemberian motivasi belajar dari orang tua dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah yang memadai akan meningkatkan prestasi belajar anak, begitu pula sebaliknya kurangnya motivasi belajar yang diberikan orang tua dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah dapat menurunkan prestasi belajar anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul semester ganjil tahun ajaran 2010/2011, serta manakah faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive area yaitu di SMA Negeri 2 Tanggul kelas X semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proposional random sampling sebanyak 74 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumen dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (126,347>3,126) dengan a =0,05 > Sig F = 0,000 dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,781 atau 78,01% yang berarti variabel pemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah memberikan sumbangan sebesar 78,01% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Besarnya proporsi sumbangan variabel pemberian motivasi belajar (X1) 53,27%, sedangkan variabel ketersediaan fasilitas belajar di rumah (X2) 24,74%. Dengan demikian proporsi sumbangan terbesar variabel bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel pemberian motivasi belajar (X1) sebesar 53,27%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar siswa ekonomi siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301317;
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pemberian Motivasi Belajar dan Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tanggul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010 / 2011)”en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record