• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    S (132)s_1.pdf (559.3Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Yekti Ratna Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode eksperimen adalah cara penyajian bahan pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami untuk membuktikan sendiri sesuatu pertanyaan atau hipotesis yang dipelajari. Model cooperative learning adalah penempatan beberapa siswa dalam kelompok kecil dan memberikan mereka sebuah atau beberapa tugas. Sehingga metode eksperimen dalam model cooperative learning merupakan kegiatan belajar mengajar dimana siswa melakukan percobaan dalam kelompok-kelompok kecil. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dalam model cooperative learning dan hasil belajar fisika. Dengan rumusan masalah adalah bagaimanakah aktivitas belajar siswa, retensi hasil belajar dan efektifitas metode eksperimen dalam model cooperative learning pada pembelajaran fisika? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas siswa selama proses belajar, retensi hasil belajar fisika siswa dan efektivitas metode eksperimen dalam model cooperative learning. Penelitian ini merupakan penelitian action research. Tindakan dalam penelitian ini yaitu penggunaan metode eksperimen dalam mode cooperative learning, sedangkan hal yang dikaji adalah aktivitas selama proses pembelajaran, retensi hasil belajar fisika siswa, dan efektivitas metode eksperimen dalam model cooperative learning. Populasi penelitian adalah siswa SMP kelas VIII yang belajar fisika dan sampel penelitian adalah siswa SMP kelas VIII yang belajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran inqury dengan metode eksperimen. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sample. Hal yang dikaji dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa selama pembelajaran, efektivitas hasil belajar, dan retensi hasil belajar. Data aktivitas belajar diperoleh dengan teknik observasi secara langsung, sedangkan efektivitas hasil belajar dan retensi hasil belajar diperoleh dengan teknik pre test post test desain. Data aktivitas belajar siswa dianalisa dengan menggunakan persentase, efektivitas hasil belajar dianalisa dengan perbandingan selisih nilai rata-rata post test siswa dan nilai rata-rata pre test siswa dengan nilai ratarata pre-tes, dan retensi hasil belajar siswa membandingkan nilai rata- rata tes tunda dengan nilai rata-rata post test. Hasil kajian berdasarkan data diperoleh kesimpulan bahwa metode eksperimen dalam model cooperative learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, retensi hasil belajar siswa tergolong kuat, dan metode eksperimen dalam model cooperative learning tergolong efektif untuk pembelajaran fisika pokok bahasan getaran dan gelombang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22043
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository