Show simple item record

dc.contributor.authorAning Anjarwati
dc.date.accessioned2014-01-23T03:57:07Z
dc.date.available2014-01-23T03:57:07Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210192036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21959
dc.description.abstractembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pembelajaran fisika adalah suatu proses belajar mengajar yang mempelajari tentang berbagai gejala dan kejadian alam yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, psikomotor yang dikembangkan melalui pengalaman belajar. Hal ini juga berlangsung di SMP Negeri 2 Panti, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang tercapai. Berdasarkan hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Panti masih kurang. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan pada hari Senin, 13 September 2011 dapat diketahui bahwa 55,26% siswa aktif memperhatikan penjelasan guru, 53,5% siswa aktif mengerjakan soal, 6,63% siswa aktif bertanya, dan 18,4 % siswa aktif menjawab pertanyaan guru. Jadi skor rata-rata aktivitas belajar siswa 33,44%, sehingga termasuk dalam kriteria kurang aktif. Hasil belajar fisika siswa di kelas VII E juga masih rendah. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data kelas dari 38 siswa, hanya 13 orang atau hanya 34,21% siswa yang mendapatkan nilai diatas 70, sedangkan 25 orang atau hanya 65,78% siswa lainnya mendapatkan nilai kurang dari 70.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192036;
dc.subjectPADA SISWA KELAS VII Een_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 PANTI TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record