dc.description.abstract | Dalam meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama tetapi dapat menyebabkan kesulitan belajar bagi siswa. Keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Selain keterlibatan orang tua, hasil belajar siswa juga dapat dipengaruhi oleh minat siswa dalam mempelajari suatu bidang studi. Setiap siswa pada dasarnya ingin mencapai hasil belajar yang baik, namun hasil yang baik ini tidak begitu saja mereka dapatkan, tetapi perlu usaha keras dan perlu adanya daya pendorong dari dalam diri agar mencapai hasil yang baik. Banyak kasus penyebab kegagalan studi disebabkan karena kurangnya minat terhadap apa yang dilakukan.
Menurut Purwanto (1994:67), keluarga adalah merupakan pusat atau tempat pendidikan yang pertama dan utama. Menurut Ahmadi (2004:85) siswa yang belajar akan menerima pengaruh dari keluarga/orang tua yaitu dari faktor orang tua, suasana rumah dan keadaan ekonomi keluarga. Hasil belajar juga dipengaruhi oleh minat belajar siswa. Menurut Slameto (1995:57) minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati
seseorang, diperhatikan terus-menerus yang disertai dengan rasa senang, sehingga
seseorang dikatakan berminat terhadap sesuatu apabila individu tersebut memiliki
kesenangan dan perhatian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel keterlibatan
orang tua dan minat belajar secara simultan dan secara parsial terhadap hasil belajar
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Lumajang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif dan bersifat non eksperimental, sehingga dalam penelitian ini
hanya ingin mengetahui apakah keterlibatan orang tua dan minat belajar siswa
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3
Lumajang tahun ajaran 2010/2011. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan
menggunakan metode purposive area. Metode penentuan responden menggunakan
metode proporsional random sampling sejumlah 61 siswa, sedangkan metode
pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi.
Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dan minat belajar
mempunyai pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan
dari hasil perhitungan Fhitung (33,144)>Ftabel (3,156) dengan tingkat α = 0,05> Sig F =
0,000 yang berarti bahwa variabel keterlibatan orang tua dan minat secara simultan
mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 53,3 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa variabel bebas (keterlibatan orang tua dan minat belajar)
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (hasil belajar).
Setelah dilakukan pengolahan data hasil penelitian diperoleh hasil perhitungan
analisis regresi linier berganda yang menunjukkan bahwa secara simultan terdapat
pengaruh yang signifikan antara keterlibatan orang tua dan minat belajar terhadap
hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3
Lumajang tahun ajaran 2010/2011. Perhitungan secara parsial menunjukkan ada
pengaruh yang signifikan keterlibatan orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3
Lumajang tahun ajaran 2010/2011. Sedangkan variabel bebas yang berpengaruh
dominan terhadap variabel terikat yaitu minat belajar (X2). | en_US |