dc.description.abstract | Latar belakang penelitian tindakan ini berdasarkan observasi awal
menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan belajar membaca, terutama membaca
lancar. Siswa belum mampu membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat. Siswa
masih kesulitan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. Digunakannya
media kartu kata dapat membantu kesulitan siswa untuk belajar membaca lancar.
Kartu kata yang digunakan sebagai media adalah dari kertas karton, sehingga dapat
memudahkan siswa untuk belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)
bagaimanakah proses meningkatkan kemampuan membaca lancar dengan
menggunakan media kartu dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca
lancar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata.
Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis
penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil observasi,
sedangkan data kuantitatif diperoleh dari tes kemampuan membaca lancar. Analisis
data yang dilakukan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini
dilakukan secara kolaboratif. Pan memecahkan masalah di kelas serta melakukan
tindakan berupa kartu keneliti berkolaborasi dengan guru dalam
mengidentifikasi, mencari, data dalam pembelajaran membaca. Siklus penelitian
dilaksanakan dua siklus | en_US |