Show simple item record

dc.contributor.authorSONI SISWANTORO
dc.date.accessioned2014-01-23T02:57:22Z
dc.date.available2014-01-23T02:57:22Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM100210274006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21850
dc.description.abstractKeberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan kegiatan belajar disekolah. Daya serap siswa yang kurang pada mata pelajaran IPS akan berdampak pada rendahnyahasil belajar siswa. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang digunakan guru dikelas cenderung monoton dan kurang menarik; penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, sehingga siswa kurang memahami pelajaran IPS. Pembelajaran dengan menggunakan media gambar adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran karena dengan media gambar siswa dapat melihat benda benda konkritnya, sehinnga akan memudahkan siswa untuk memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tegalgede 01 jember. Subyek penelitian yaitu di kelas IV dengan jumlah 33 siswa. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral dengan tahap penelitian tindakan yaitu meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dua siklus, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 39,39%, dan hasil belajar siswa sebesar 36,37%. Pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan persentase keaktifan siswa sebesar 74,74% sedangkan hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 78,79%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasanteknologi produksi, komunikasi, dan tranportasi pada kelas IV SD Negeri Tegalgede 01 Jember Tahun ajaran 2011/2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274006;
dc.subjectPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASANTEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, TRANSPORTASI DENGAN MEDIA GAMBAR SEMESTER 02 DI SDN NEGERI TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASANTEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, TRANSPORTASI DENGAN MEDIA GAMBAR SEMESTER 02 DI SDN NEGERI TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record