dc.description.abstract | Kepuasan siswa pada jasa pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas
pelayanan yang diberikan oleh lembaga pemberi jasa kepada peserta didiknya. Apabila
kualitas pelayanan yang diterima siswa sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas
pelayanan jasa tersebut dipersepsikan sebagai kualitas yang baik atau memuaskan. Jika
kualitas pelayanan yang diterima siswa melebihi harapan, maka kualitas jasa tersebut
dipersepsikan sebagai kualitas jasa yang bermutu atau sangat memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel dimensi kualitas
pelayanan jasa pendidikan yang meliputi : keandalan, daya tanggap, jaminan, empati
dan bukti fisik terhadap kepuasan Siswa SMA Negeri Ambulu. Sedangkan hipotesis
yang diajukan, pertama yaitu diduga variabel dimensi kualitas pelayanan jasa
(keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) mempunyai pengaruh yang
nyata terhadap kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu. Kedua yaitu diduga salah satu
variabel dimensi kualitas pelayanan jasa mempunyai pengaruh dominan terhadap
kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan
penentuan daerah penelitian secara purposive area. Penelitian ini menggunakan
stratefied Proposional random sampling dalam pengambilan sampel dan yang menjadi
obyeknya adalah Siswa SMA Negeri Ambulu. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis
data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier
berganda, analisis koefisien determinasi berganda, uji-F dan uji-t.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan
yaitu variabel dimensi kualitas pelayanan jasa yang meliputi keandalan, daya tanggap,
jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan Siswa SMA Negeri Ambulu. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji simultan dengan
menggunakan uji-F dimana F
(104,512 ≥ 2.335). Koefisien
determinasi berganda (R
square
hitung
lebih besar dari F
ix
tabel
) sebesar 0,873 yang berarti bahwa variabel dimensi
kualitas pelayanan jasa secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi kepuasan
siswa SMA Negeri Ambulu sebesar 87,3%. Berdasarkan hasil sumbangan proporsi
dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu, keandalan sebesar
14.472%, daya tanggap sebesar 17,547%, jaminan sebesar 14,475%, empati sebesar
30,572% dan bukti fisik sebesar 10,241%. Sedangkan variabel paling dominan yang
mempengaruhi kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu adalah variabel empati dengan
nilai sebesar 30,572%.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa
dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan yang diberikan SMA Negeri Ambulu
meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik mempunyai
pengaruh yang segnifikan kepuasan Siswa SMA Negeri Ambulu. Sedangkan variabel
dimensi kualitas pelayanan jasa yang mempunyai pengaruh dominan terhadap
kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu adalah empati.
Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Kegurauan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Jember. | en_US |