Show simple item record

dc.contributor.authorElly Larasati
dc.date.accessioned2014-01-23T02:08:49Z
dc.date.available2014-01-23T02:08:49Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM050210192166
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21748
dc.description.abstractMeningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Dengan Model PBL (Problem Based Learning ) Disertai Media Kartu Masalah Pada Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 1 Jenggawah; Elly Larasati, 050210192166; 2011: 40 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya dibidang studi fisika. Aktivitas belajar siswa memegang peranan penting dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII-E SMP Negeri 1 Jenggawah, ditemukan aktivitas belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data observasi awal diperoleh 27,7% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan, 41,6% siswa yang aktif mencatat, 19,4% siswa yang aktif bertanya, dan 27,7% siswa yang aktif menjawab pertanyaan. Skor rata-rata aktivitas belajar 29,1%, untuk hasil belajar fisika siswa dari 36 siswa diketahui sebanyak 7 siswa (19,4%) dinyatakan tuntas belajar dan sisanya 29 siswa (80,6%) dinyatakan tidak tuntas. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran terlihat cenderung pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Salah satu model yang relevan diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah Model PBL (Problem Based Learning) Disertai Media Kartu Masalah. Model ini merupakan salah satu model yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang pembelajaran, dengan tujuan sebagai berikut: (1) untuk mendeskripsikan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) disertai Media Kartu Masalah dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas VII-E SMP Negeri 1 Jenggawah; (2) untuk mendeskripsikan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) disertai Media Kartu Masalah dalam meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas VII-E SMP Negeri 1 Jenggawah.Penelitian ini dilakukan di kelas VII-E SMP Negeri 1 Jenggawah yang didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian; (2) persentase aktivitas belajar untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada pra-siklus hingga siklus II; (3) persentase ketuntasan hasil belajar untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada pra-siklus hingga siklus II. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara kualitatif data hasil penelitian. Data hasil observasi yang memperlihatkan bahwa rata-rata aktivitas siswa pada saat pra-siklus hanya mencapai 29,1% sedang aktivitas belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 71,08% dalam kriteria aktif. Siklus II persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 82,18% dalam kriteria sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dibandingkan pada saat pra-siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran pra siklus terdapat 7 siswa mencapai ketuntasan hasil belajar dan 29 siswa dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 19,4%. Siklus I terdapat 24 siswa mencapai ketuntasan hasil belajar dan 12 siswa dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 66,6%. Siklus II, terdapat 32 siswa mencapai ketuntasan hasil belajar, dan 4 siswa dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan 88,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan mengalami peningkatan dibandingkan pada saat pra-siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran PBL (problem based learning) disertai media kartu masalah pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2010/2011 mengalami peningkatan dengan persentase 82,18% pada kategori sangat aktif; (2)Persentase ketuntasan hasil belajar dengan model pembelajaran PBL (problem based learning) disertai media kartu masalah pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2010/2011 mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebesar 88,8% dengan kategori tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192166;
dc.subjectAKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKAen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DISERTAI MEDIA KARTU MASALAH PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 JENGGAWAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record