Show simple item record

dc.contributor.authorLUVICK ELIANA
dc.date.accessioned2014-01-23T02:04:34Z
dc.date.available2014-01-23T02:04:34Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210204351
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21742
dc.description.abstractSelama ini pembelajaran dipandang sebagai kegiatan mentransfer pengetahuan dari pihak yang satu ke pihak yang lain yaitu siswa. Sementara itu guru dipandang sebagai sumber informasi yang mengetahui segalanya. Proses pembelajaran bukanlah hanya suatu kegiatan mentransfer pengetahuan saja melainkan untuk membelajarkan siswa bagaimana memperoleh dan memproses pengetahuan, ketrampilan, dan sikap. Pembelajaran PKn adalah suatu proses di mana lingkungan seseorang dikelola secara disengaja untuk memungkinkan siswa turut serta dalam tingkah laku tertentu, sehingga dalam kondisi-kondisi akan menghasilkan respon terhadap situasi tertentu juga. Pelajaran PKn merupakan salah satu pelajaran yang berkaitan langsung dengan kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn setelah diterapkannya model pembelajaran bermain peran pokok bahasan “Proses Demokrasi” kelas VI SDN Grajagan 08 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan di SDN Grajagan 08 Banyuwangi, metode penentuan lokasi penelitian dengan pursposive sampling area. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan metode populatif yaitu seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 26 siswa dengan jenis kelamin laki-laki 17 orang dan perempuan 9 orang. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar PKn siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51,28% dan siklus II sebesar 75,32%. Selisih antara siklus I dan siklus II sebesar 24,04%. Hasil belajar PKn siswa dapat mencapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 53,85%, siklus II sebesar 88,46%. Selisih ketuntasan hasil belajar antara siklus I dan siklus II sebesar 34,61%. Kesimpulannya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN Grajagan 08 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan penerapan model bermain peran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, aktivitas belajar siswa kelas VI SDN Grajagan 08 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan penerapan model bermain peran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dan hasil belajar PKn siswa kelas VI Semester genap SDN Grajagan 08 Banyuwangi dengan Penerapan model bermain peran pada pokok bahasan Proses Demokrasi dapat mecapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204351;
dc.subjectMODEL BERMAIN PERANen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VI SDN GRAJAGAN 08 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record