MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA DESKRIPSI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SDN MLOKOREJO 01 PUGER-JEMBER TAHUN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Mlokorejo 01 Puger tahun 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mlokorejo 01 Puger tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 27 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi dan wawancara. 
Hasil observasi di prasiklus dari 27 siswa hanya 10 siswa yang mampu 
menulis ( nilainya diatas 60 ), sisanya belum lancar menulis ( nilai rata-ratanya 
51,64 berarti daya serap terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia menulis hanya 
sebesar 40%.  Hasil  penelitian  pada  siklus 1  jumlah  siswa  yang  mulai 
terampil/mampu menulis 12 siswa dengan ketuntasan klasikal 52%  berada dalam 
kategori belum tuntas/belum terampil menulis. Pada siklus 2 jumlah siswa yang 
mulai  terampil/mampu  menulis	22  siswa  dengan  ketuntasan  klasikal	80%
termasuk kategori tuntas/sudah mampu menulis. Dengan demikian bila kita lihat
dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menerapkan media
gambar tematik dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.
