dc.description.abstract | Observasi awal di SD Negeri Grenden 04 menunjukkan bahwa siswa kelas IV
mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran utamanya mata pelajaran IPS
pokok bahasan penampakan alam. Berdasarkan berdasarkan alasan tersebut, maka rumusan
masalahnya Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode karya
wisata pada pembelajaran IPS kelas IV SDN GRENDEN 04 Jember?
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1. Untuk menerapkan metode karya wisata pada pembelajaran IPS dalam pokok bahasan
kenampakan alam dengan metode karya wisata pada siswa kelas IV SDN GRENDEN 04
Jember.
2. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode karya wisata pada
pembelajaran IPS khususnya dalam pokok bahasan kenampakan alam pada siswa kelas
IV SDN GRENDEN 04 Jember.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri SDN Grenden 04 Kec. Puger
tahun pelajaran 2011 / 2012 dengan jumlah siswa 30 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan
dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan
melalui metode tes dan observasi.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan alur Prasiklus, Perencanaan I, Tindakan Observasi I, Refleksi, Perencanaan II,
Tindakan Observasi II, Refleksi, Kemampuan Siswa Meningkat.
Dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap Pra Siklus, Siklus
I dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilanjutkan ke siklus II. Hasil observasi di
prasiklus dari 30 siswa hanya 3 siswa yang mencapai ketuntasan dalam mengerjakan soal tes
formatif (mendapat nilai 70) dengan ketuntasan klasikal 10%. Hasil penelitian pada siklus I
yang merupakan usaha perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Pokok Bahasan
Penampakan Alam Melalui Metode Karya Wisata Di Kelas IV menggunakan metode karya
wisata, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 15 siswa dengan ketuntasan
klasikal 50%. Pada siklus I ditemukan kendala dan masalah yang menyebabkan hasil belajar
siswa tidak mencapai ketuntasan secara klasikal, dan akan diperbaiki disiklus II. Pada siklus
II yang merupakan usaha perbaikan dari siklus I, berusaha memperbaiki hal-hal pelaksanaan
yang belum sepenuhnya sempurna. Terutama belum tuntasnya hasil belajar IPS Pokok
Bahasan Penampakan Alam Melalui Metode Karya Wisata Di Kelas IV SD Negeri Grenden
04 Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Setelah dilaksanakan siklus II jumlah siswa yang
mencapai ketuntasan 25 siswa dengan ketuntasan klasikal 83%. Dengan demikian bila kita
lihat dan kita bandingkan nilai siswa dan ketuntasan klasikal pada prasiklus, siklus I, dan
siklus II, menunjukkan bahwa penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada pelajaran IPS Pokok Bahasan Penampakan Alam.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasannya dalam penelitian ini dapat ditarik
beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1. Menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa.
2. Menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan aktifitas guru dalam proses
pembelajaran.
3. Penggunaan metode karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal itu dapat
dilihat dari semakin meningkatnya siswa yang tuntas belajar yaitu 15 siswa (50%) pada
siklus I dan 25 siswa (83%) pada siklus II terjadi peningkatan 10 siswa (33%).
Saran yang ingin dikemukakan pada tulisan ini adalah :
1. Bagi guru, hendaknya membiasakan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,
sehingga kegiatan pembelajaran menjadi menarik.
2. Bagi kepala sekolah harap bersedia menciptakan kondisi yang merangsang para guru
untuk aktif dalam melaksanakan kegiatan kreatif dan apresiatif di sekolah maupun
dilingkungan sekolah. | en_US |