Show simple item record

dc.contributor.authorImraatus Shalihah
dc.date.accessioned2014-01-23T01:55:01Z
dc.date.available2014-01-23T01:55:01Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210204004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21711
dc.description.abstractProses pembelajaran IPS di SDN 1 Talkandang Situbondo menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan bersifat teacher centered, sehingga menimbulkan rasa bosan dalam pembelajaran. Pembelajaran yang nampak jelas dan terlihat dalam mata pelajaran IPS khususnya pokok bahasan kegiatan ekonomi, yang seharusnya bisa dilakukan dengan berbagai metode pembelajaran, tetapi dilakukan secara konvensional sehingga pembelajaran sangat monoton dan mengakibatkan hasil belajar siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Secara tidak langsung hal ini juga berpengaruh pada aktivitas siswa, siswa yang seharusnya aktif dalam pembelajaran menjadi pasif karena siswa hanya duduk diam mendengarkan penjelasan dari guru, menulis catatan yang ada di papan dan mengerjakan LKS sehingga aktivitas belajar siswa masih tergolong rendah. Penerapan metode inkuiri ini dapat memberi kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan dengan kegiatan penyelidikan melalui pengamatan dan diskusi kelompok, yang pada akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di SDN 1 Talkandang Situbondo tahun pelajaran 2011/2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dengan menggunakan metode inkuiri di SDN 1 Talkandang Situbondo tahun pelajaran 2011/2012. viii Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 1 Talkandang Situbondo kelas IV yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Saat prasiklus, aktivitas siswa hanya sebatas mendengarkan, menulis, dan mengerjakan soal. Aktivitas siswa pada saat siklus menjadi beragam, yaitu: menulis rumusan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Pada siklus I diketahui persentase aktivitas siswa yaitu 72%, sedangkan pada siklus II diketahui prosentase aktivitas siswa yaitu 81,14%. Pada saat prasiklus persentase hasil belajar siswa yaitu 34,3%. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa yaitu 57,14%, sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar siswa yaitu 71,43%. Berdasarkan data dari siklus II tersebut, maka siswa kelas IV telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan tuntas belajar bila mencapai minimal 65% dari jumlah keseluruhan yang telah mencapai skor ≥ 66. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode inkuiri siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok kegiatan ekonomi. Saran yang diberikan adalah Bagi guru SD yang siswanya kurang berpartisipasi aktif, maka hendaknya untuk menggunakan pembelajaran inkuiri dan bagi para peneliti dibidang IPS perlu dikaji lebih luas tentang penggunaan metode inkuiri untuk variabel-variabel yang lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204004;
dc.subjectMetode Inkuirien_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi dengan Menggunakan Metode Inkuiri di SDN 1 Talkandang Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record