Show simple item record

dc.contributor.authorOleh: M Abdullah Kamal
dc.date.accessioned2014-01-23T01:53:33Z
dc.date.available2014-01-23T01:53:33Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM090210103047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21707
dc.description.abstractPada dasarnya pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kualitas sumber daya manusia harus ditingkatkan melalui berbagai program pendidikan yang dilaksanakan secara sistematis dan terarah berdasarkan kepentingan yang mengacu pada kemajuan ilmu pendidikan dan teknologi. Ada tiga komponen yang perlu disoroti dalam pembaharuan pendidikan, yaitu pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektifitas pendekatan pembelajaran. Salah satu upaya dalam melakukan pembaharuan pendidikan adalah melalui pembaharuan kurikulum. Kurikulum terbaru yang akan digunakan saat ini adalah kurikulum 2013 yang didalamnya terkandung standar kompetensi dan standar isi suatu materi yang nantinya mengacu kepada tecapainya tujuan pendidikan. Untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan tersebut tentunya diperlukan suatu sumber belajar, salah satu sumber belajar yaitu berupa bahan ajar. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan berupa seperangkat materi yang disusun secara sistematis yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk belajar. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian kali ini berupa buku siswa (BS) dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning untuk siswa SMA. Bahan ajar yang disusun nantinya disesuaikan dengan karakter berpikir siswa SMA yang cenderung mengarah kepada kreativitas berpikir yang dimilikinya dan memberikan suatu inovasi baru sebagai alternatif sumber belajar siswa yang lebih menarik, karena buku yang digunakan sekarang ini cenderung lebih kedalam materi dan latihan soal bukan mengarah kepada kreativitas berpikir siswa khususnya pada materi sistem gerak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji bahan ajar berbasis Pendekatan Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Sistem Gerak kelas XI SMA. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk yang dihasilkan berupa buku siswa yang valid atau layak sebagai sumber belajar. Penilaian dilakukan oleh enam validator dengan rincian tiga validator ahli dan tiga validator pengguna. Hasil penilaian dari para validator baik validator pengguna maupun ahli bahan ajar memberikan nilai rata-rata 86,83% yang artinya produk baru berupa buku siswa siap dimanfaatkan. Pengembangan bahan ajar biologi berupa buku siswa pada materi sistem gerak untuk SMA kelas XI berdasarkan rekapitulasi data validasi diperoleh gambaran bahwa validitas bahan ajar biologi berupa buku siswa yang dikembangkan adalah 86,83% dengan kategori sangat valid. Kemudian untuk hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 77,08% siswa mengatakan mudah dan sisanya 22,92% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku siswa. Untuk hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh rata-rata persentase 81,66% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan sedangkan hanya 18,34% yang tidak merespon positif. Artinya siswa sudah bisa memahami bahan ajar yang telah dikembangkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103047;
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK KELAS XI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record