Show simple item record

dc.contributor.authorAprilia, Reni
dc.date.accessioned2014-01-23T01:47:35Z
dc.date.available2014-01-23T01:47:35Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210402050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21694
dc.description.abstractBahasa merupakan alat komunikasi manusia. Ada berbagai jenis media perantara yang digunakan masyarakat dalam berkomunikasi yaitu dalam bentuk lisan maupun tulisan. Retorika adalah seni yang mengajarkan orang tentang kaidah dasar pemakaian bahasa yang efektif. Keterampilan menulis adalah keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Mengarang merupakan salah satu keterampilan menulis. Tujuan menulis ialah siswa mampu mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai ragam tulisan. Standar kompetensi siswa dalam menulis salah satunya adalah mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato. Kompetensi dasar yang harus dicapai siswa adalah menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam paragraf persuasif. Indikator yang harus dicapai siswa dalam menulis paragraf persuasi yaitu siswa mampu menulis paragraf persuasi dengan tema yang bebas secara aktif dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat persuasi yang menarik sehingga meyakinkan pembaca. Penelitian ini mengkaji kemampuan siswa beretorika dalam menulis karangan persuasi. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan menggunakan diksi (pilihan kata) dan gaya bahasa. Alasan mengkaji diksi dan gaya bahasa dalam karangan persuasi siswa adalah mengingat ketepatan dan kesesuaian pilihan kata dapat menyebabkan gagasan yang disampaikan menjadi jelas, sedangkan alasan mengkaji gaya bahasa untuk mengetahui gaya bahasa yang digunakan oleh siswa ketika menyampaikan ide, gagasan, dan perasaan dalam bentuk tulisan atau karangan sehingga apa yang disampaikan oleh pemakai bahasa dapat menimbulkan efek dan nilai rasa tertentu kepada pembaca. Kajian ini di fokuskan pada pembahasan mengenai diksi dan gaya bahasa. Pembahasan yang dikaji terdiri atas dua masalah yaitu: 1) Bagaimanakah penggunaan diksi dalam karangan persuasi siswa di kelas X- E SMA Negeri 2 Tanggul? Diksi meliputi: (a) penggunaan kata umum dan kata khusus; (b) penggunaan kata ilmiah dan kata populer; (c) penggunaan denotatif dan konotatif, 2) Bagaimanakah penggunaan gaya bahasa dalam karangan persuasi siswa di kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penggunaan diksi dalam karangan persuasi siswa di kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul. Diksi meliputi: (a) penggunaan kata umum dan kata khusus; (b) penggunaan kata ilmiah dan kata populer; (c) penggunaan denotatif dan konotatif, 2) Mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam karangan persuasi siswa di kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay. Tes berupa penugasan yaitu menugaskan siswa sebagai responden membuat tulisan persuasi. Analisis data yang dilakukan terdiri atas tiga proses yaitu mengidentifikasi dan mengklasifikasi, menganalisis, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi yang digunakan oleh siswa dalam karangan persuasi yaitu penggunaan denotatif, sedangkan gaya bahasa yang digunakan oleh siswa dalam karangan persuasi yaitu gaya bahasa retoris, sehingga diindikasikan bahwa siswa kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul dapat membuat karangan persuasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran antara lain (1) bagi siswa hasil penelitian ini dapat menambahkan pengetahuan tentang materi pembelajaran menulis karangan persuasi, penggunaan diksi dan gaya bahasa yang sesuai, dan (2) bagi guru Bahasa Indonesia hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada materi penggunaan diksi dan gaya bahasa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402050;
dc.subjectRetorika Siswa, SMA Negeri 2 Tanggul dalam Karanganen_US
dc.titleRETORIKA DALAM KARANGAN PERSUASI SISWA DI KELAS X-E SMA NEGERI 2 TANGGUL KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record