Show simple item record

dc.contributor.authorLUTFIAH ROHMATIN
dc.date.accessioned2014-01-23T01:31:35Z
dc.date.available2014-01-23T01:31:35Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM040210301327
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21661
dc.description.abstractPerilaku ekonomis (khususnya dalam melaksanakan aktivitas konsumsi) perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk generasi muda utamanya pelajar/siswa. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang khususnya dalam hal ini berperilaku ekonomis dalam melaksanakan aktivitas konsumsi adalah lingkungan sekitar. Perbedaan lingkungan sekitar yang mempengaruhi seorang siswa, tentunya akan menyebabkan perbedaan pada perilakunya dalam melaksanakan aktivitas konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku ekonomis siswa SMP Plus Darus Sholah Jember dalam melaksanakan aktivitas konsumsi antara siswa yang tinggal di asrama dengan siswa yang tidak di asrama. Indikator perilaku ekonomis siswa dalam melaksanakan aktivitas konsumsi diukur dari lima kriteria orang dikatakan berperilaku ekonomis, antara lain (1) mampu memanfaatkan uang saku untuk memenuhi kebutuhan yang utama; (2) melakukan skala prioritas atau memilih mana kebutuhan yang harus didahulukan dan mana kebutuhan yang dapat ditunda; (3) mempertimbangkan harga dan manfaat barang yang dibeli; (4) membayar harga yang murah terhadap barang yang diinginkan; dan (5) tercapainya tujuan berkonsumsi dengan pengorbanan serendah-rendahnya. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif atau expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Plus Darus Sholah yang tinggal di asrama dengan jumlah 402 siswa dan siswa yang tidak di asrama dengan jumlah 170 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 81 siswa untuk siswa yang di asrama dan 63 siswa untuk siswa yang tidak di asrama. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode stratified proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-test atau uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan perilaku ekonomis siswa dalam melaksanakan aktivitas konsumsi antara siswa yang tinggal di asrama dengan siswa yang tidak di asrama. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan t-tes dimana diperleh t hitung 10,372 > t tabel 1,960 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui kelompok siswa yang tinggal di asrama memiliki rata-rata skor perilaku ekonomis dalam melaksanakan aktivitas konsumsi yang lebih tinggi dibanding dengan kelompok siswa yang tidak di asrama, yang berarti siswa yang tinggal di asrama memiliki perilaku yang lebih ekonomis dalam melaksanakan aktivitas konsumsi dari pada siswa yang tidak di asrama.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210301327;
dc.subjectPERILAKU EKONOMISen_US
dc.titlePERBEDAAN PERILAKU EKONOMIS SISWA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KONSUMSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK DI ASRAMA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun 2008/2009)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record