Show simple item record

dc.contributor.authorLutfiatul Laili
dc.date.accessioned2014-01-23T01:28:08Z
dc.date.available2014-01-23T01:28:08Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM050210101032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21649
dc.description.abstractProses belajar mengajar di sekolah masih cenderung berpusat pada guru sehingga mengakibatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran masih kurang. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat membantu siswa aktif dalam pembelajaran. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing dipadu dengan teori Bruner, dimana proses pembelajaran berlangsung melalui tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing dipadu dengan teori Bruner, (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing dipadu dengan teori Bruner, dan (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing dipadu dengan teori Bruner. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIIA di MTs. NU Pancor Sepudi Madura. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Pada setiap siklus dilaksanakan observasi kegiatan guru, aktivitas siswa, dan tes akhir siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing dipadu dengan teori Bruner terdiri dari tujuh fase pembelajaran yaitu pendahuluan, presentasi guru, pengorganisasian kelompok, pemberian masalah dan media pembelajaran, diskusi kelompok, presentasi kelompok, dan fase terakhir adalah penutup. Pada pembelajaran Siklus I, terdapat kendala ketika mencapai fase pengorganisasian kelompok dan fase diskusi kelompok. Guru masih belum maksimal dalam mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok kecil sehingga berakibat siswa kebingungan pada saat akan akan berkumpul dengan anggota kelompoknya. Selain itu, guru belum maksimal dalam memberikan bimbingan, hanya beberapa kelompok saja yang dibimbing. Pada pembelajaran Siklus II, penerapan ketujuh fase pembelajaran tersebut berjalan dengan lancar. Analisis hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa , hal ini dapat diketahui berdasarkan persentase yang dicapai oleh siswa dalam setiap aktivitas. Selain itu juga dapat dilihat berdasarkan perubahan jumlah siswa yang tergolong dalam masing-masing kriteria. Pada Siklus I, terdapat 5 siswa (15,625%) yang masih Kurang Aktif, 7 siswa (21,875%) yang Cukup Aktif, 18 siswa (56,25%) yang Aktif dan 2 siswa (6,25%) yang Sangat Aktif, sedangkan pada Siklus II, terdapat 5 siswa (15,625%) yang Cukup Aktif, 18 siswa (56,25%) yang Aktif dan 9 siswa (28,125%) yang Sangat Aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Pada Siklus I mencapai 81,25%, sedangkan pada Siklus II mencapai 90,625%. Pada Siklus I, terdapat 6 siswa (18,75%) yang Tidak Tuntas belajar dan 26 siswa (81,25%) yang Tuntas belajar, sedangkan pada Siklus II terdapat 3 siswa (9,375%) yang Tidak Tuntas belajar dan 29 siswa (90,625%) yang Tuntas belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101032;
dc.subjectTEKNIK KANCING GEMERINCINGen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TEORI BRUNER BELAJAR SISWA LINIER SATU VARIABEL KELAS VII MADURA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING DIPADU DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DIPADU DENGAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL SISWA POKOK BAHASAN PERSAMAAN SATU VARIABEL SEMESTER GANJIL KELAS VII A MTs. NU PANCOR SEPUDI MADURA TAHUN AJARAN 2009/2010 HASIL PERSAMAAN SEMESTER GANJILen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record