Show simple item record

dc.contributor.authorSepti Hidayati
dc.date.accessioned2014-01-23T01:23:21Z
dc.date.available2014-01-23T01:23:21Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210102338
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21637
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari waktu ke waktu semakin pesat. Menurut Sumaji (1999:32) tingkat ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi yang dicapai oleh suatu bangsa biasanya dipakai sebagai tolak ukur kemajuan bangsa itu. Mata pelajaran Fisika sebagai bagian dari Sains juga memiliki peranan penting dalam perkembangan teknologi, bahkan dapat dikatakan teknologi takkan ada tanpa fisika. Oleh karena itu hendaknya fakta, konsep dan prinsip-prinsip tersebut tidak diterima oleh siswa secara prosedural namun disertai dengan pemahaman dan penalaran. Pembelajaran yang berangkat dari pengalaman awal siswa menuju pengalaman sains akan membentuk pengetahuan yang lebih bermakna dan lebih mudah diingat, sehingga diharapkan hasil pembelajaran dapat lebih efektif. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu penggunaan strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan mata pelajaran dan materi yang akan disampaikan. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memperoleh suatu konsep dibantu pertanyaan-pertanyaan dan demonstrasi dari guru adalah Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan Metode Demonstrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan metode demonstrasi dan pembelajaran konvensional, (2) mengkaji aktivitas belajar siswa menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan metode demonstrasi, (3) mengkaji retensi belajar siswa menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tanggul. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design dengan penambahan tes tunda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan ketiga, menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa diperoleh nilai dan nilai = 1,993 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 76,77% dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data menggunakan uji untuk mengetahui retensi hasil belajar diperoleh nilai sehingga , maka hipotesis nihil diterima dan hipotesis kerja ditolak.. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan metode demonstrasi dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011, (2) aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan metode demonstrasi termasuk dalam kategori aktif, dan (3) Retensi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dengan metode demonstrasi baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102338;
dc.subjectPenerapan Strategien_US
dc.titlePenerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Fisika di SMP; Septi Hidayati; 060210102338en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record