Show simple item record

dc.contributor.authorRizki Puji Firstiani
dc.date.accessioned2014-01-23T01:01:53Z
dc.date.available2014-01-23T01:01:53Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM050210191085
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21587
dc.description.abstractDi kalangan siswa SMK telah berkembang kesan bahwa pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak digemari siswa karena kurangnya motivasi untuk belajar matematika, sehingga ada anggapan bahwa matematika itu sulit dan membosankan. Dalam pembelajarana di SMK Negeri 1 Tanggul penyampaian materi pelajaran dilakukan dengan model pembelajaran ekspositori. Dalam pembelajaran ekspositori terdapat metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas yang diberikan oleh guru. Pembejajaran ekspositori ini dapat membuat siswa bosan dan sulit menerima pelajaran, hal ini dapat dilihat pada hasil wawancara dengan siswa. Suatu model pembelajaran yang mengarah pada pembentukan kecakapan vokasional dan sesuai konsep PSG di SMK perlu dikembangkan. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) misalnya, merupakan suatu pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara keterampilan pemecahan masalah, memusatkan pada masalah kehidupan yang bermakna bagi siswa di SMK. Hal ini bertujuan untuk mengkaji ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan dan model pembelajaran yang lebih efektif antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian yang dilakukan pada tanggal 23 November 2009 sampai dengan 10 Dessember 2009 ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain control group pre-test-post-test. Penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling viii area atau sesuai dengan keinginan yaitu SMK Negeri 1 Tanggul. Responden penelitian ditentukan dengan teknik undian setelah dilakukan uji homogenitas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan penjualan 1 (XI PJ1) sebagai kelas kontrol dan XI Penjualan 2 (XI PJ2) sebagai kelas eksperimen (dengan materi matematika keuangan semester gasal 2009/2010). Data yang dipakai untuk uji homogenitas diambil dengan menggunakan metode dokumentasi, untuk menyempurnakan hasil dan pembahasan menggunakan metode wawancara, dan metode tes untuk analisis data. Pada analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, uji beda atau uji t. Hasil uji hipotesis yang pertama, yaitu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran ekspositori memberikan hasil analisis yang mengatakan menyatakan bahwa, tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran ekspositori. Hal ini disebabkan oleh faktor waktu pemberian pre-test dan post-tes yang dilakukan secara tidak bersamaan. Adapun uji hipotesis yang kedua, yaitu hasil uji efektifitas dengan dengan uji beda skor pre-test dan skor post-tes memperlihatkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran yang lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Hal ini dapat dilihat pada kriteria pengujian terima 0 H jika t hitung tabel ³ t yaitu yaitu 2,08 ³ 1,68; maka kelas dengan pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dari pada kelas dengan pembelajaran ekspositori. . Adapun hasil wawancara antara empat orang siswa yang diambil secara acak dan guru matematika menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah lebih menyenangkan dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210191085;
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Masalahen_US
dc.titlePerbandingan Hasil Belajar Matematika Keuangan Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) Dengan Pembelajaran Ekspositori Kelas XI Jurusan Penjualan SMK Negeri 1 Tanggul Semester Gasal tahun ajaran 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record