Show simple item record

dc.contributor.authorRIRIN FITRIA NINGSIH
dc.date.accessioned2014-01-23T01:01:46Z
dc.date.available2014-01-23T01:01:46Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210193167
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21585
dc.description.abstractModel pembelajaran Guided Discovery atau penemuan terbimbing merupakan suatu model untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Sedangkan tekateki silang (cross puzzles) merupakan suatu kegiatan yang berisi panduan pertanyaan atau definisi untuk tiap kata sebagai petunjuk pengisian kotak-kotak putih yang kosong secara mendatar atau menurun dengan kata-kata berbeda. Sehingga model pembelajaran Guided Discovery dengan pemberian tugas tekateki silang merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan motivasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery dan pemberian tugas teka-teki silang (Cross Puzzles) pada mata pelajaran Biologi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Banyuanyar. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery dan pemberian tugas teka-teki silang (Cross Puzzles) pada mata pelajaran Biologi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Banyuanyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tempet penelitian di SMP Negeri 1 Banyuanyar, Probolinggo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII E semester genap tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei tahun 2011. Data-data yang diambil dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji T-test. Sedangkan pengukuran motivasi siswa pada penelitian ini dengan menggunakan angket ARCS. Angket ini diberikan sebelum tindakan, setiap akhir siklus I dan akhir siklus II. Motivasi siswa yang diukur terdapat 4 aspek terdiri dari Attitude, Relevance, Confidence,dan Satisfaction. Analisis data menggunakan uji T-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi siswa kelas VII E dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery dengan pemberian tugas teka-teki silang (cross puzzles). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek attitude mengalami kenaikan sebesar 2,22. Untuk aspek relevance mengalami peningkatan 1,2. Untuk aspek confidence mengalami peningkatan 1,7. Sedangkan untuk aspek satisfaction juga mengalami peningkatan sebesar 1,57. Selain itu, dari hasil analisis juga diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VII E menggunakan model pembelajaran Guided Discovery dengan pemberian tugas teka-teki silang (cross puzzles). Dalam aspek kognitif dari siklus I sampai siklus II besar peningkatan 0,6. Sedangkan untuk ketuntasannya mengalami kenaikan 11,11%. Untuk nilai afektif juga mengalami peningkatan sebesar 2,4 dan ketuntasan sebesar 5,61%. Sedangkan nilai psikomotorik juga terdapat peningkatan 1,9 dengan peningakatan kentuntasan 5,55%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Banyuanyar dalam penerapan model pembelajaran Guided Discovery dengan pemberian tugas teka-teki silang (Cross Puzzles).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210193167;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY, TUGAS TEKA - TEKI SILANG, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGIen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PEMBERIAN TUGAS TEKA - TEKI SILANG (CROSS PUZZLES) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas VII DI SMP NEGERI 1 BANYUANYAR PROBOLINGGO)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record