Show simple item record

dc.contributor.authorLUTFI DWI ZULAIKAH
dc.date.accessioned2014-01-23T00:20:09Z
dc.date.available2014-01-23T00:20:09Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM050210101315
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21519
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi SMP Negeri 1 Ambulu diperoleh informasi bahwa siswa disana tergolong lemah dalam pemahaman konsep, termasuk konsep segiempat. Kebanyakan siswa hanya menghafalkan, baik definisi, sifat-sifat maupun rumus-rumus segiempat. Hal ini juga terjadi pada kelas VIIA. Dengan melihat latar belakang diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran, aktivitas siswa, dan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat setelah pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa SMP Negeri 1 Ambulu kelas VIIA sebanyak 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Penelitian ini di rencanakan menggunakan dua siklus, yaitu apabila siklus pertama telah mengalami peningkatan, maka tidak dilanjutkan pada siklus selanjutnya dan apabila belum mengalami peningkatan maka penelitian ini akan dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat diamati dengan membandingkan hasil tes pendahuluan dengan tes akhir. Akan tetapi karena pada siklus pertama sudah terjadi peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat, maka tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan pada hasil observasi, tes I, II, III dan wawancara. Aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi. Sedangkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang diperoleh dengan membandingkan rata-rata hasil skor tes pendahuluan dengan ratarata hasil skor tes akhir siswa. Dari analisis data diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat dikatakan cukup berhasil. Dimana aktivitas siswa selama pembelajaran dapat dikategorikan sangat aktif. Persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa sebesar 82,44%. Dengan persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa dalam kegiatan kooperatif sebesar 78,05% dan persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa dalam pembuatan mind mapping sebesar 86,83%. Sedangkan rata-rata skor siswa pada tes pendahuluan sebesar 41,15 menjadi 80,35 pada tes akhir setelah pembelajaran yaitu naik sebesar 39,2 poin. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Ambulu terhadap konsep segiempat. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (investigasi kelompok) dengan teknik mind mapping (peta pikiran) ini, dapat digunakan sebagai alternatif dalam pengelolaaan pembelajaran yang berorientasi pada pengoptimalan pemahaman konsep pada siswa sekaligus aktivitas siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101315;
dc.subjectGROUP INVESTIGATIONen_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 AMBULU TAHUN AJARAN 2008/2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record