Show simple item record

dc.contributor.authorHeri Cahyono
dc.date.accessioned2014-01-23T00:08:02Z
dc.date.available2014-01-23T00:08:02Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM040210102132
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21498
dc.description.abstractModel kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan bentuk model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil yang tiap kelompok beranggotakan 4–5 siswa. Kelebihan model pembelajaran ini siswa dapat mengembangkan kemamapuan berinteraksi dan berkomunikasi dalam menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan assessment portofolio dapat diartikan sebagai bukti dan dokumen yang berupa tugas-tugas yang terorganisir secara sistematis dari seseorang atau peserta didik secara individual dalam proses pembelajaran selama satu periode tertentu. Sehingga penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan serangkaian kegiatan pengumpulan dokumen atau bukti-bukti hasil kegiatan dan tugas siswa yang telah diberikan penilaian setelah berlangsungnmya pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD selama satu unit pembelajaran. Tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) Mengkaji pengaruh penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA. (2) Mengkaji pengaruh penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain control group pre-test-post-test. Penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area yaitu SMA Negeri 1 Pesanggaran-Banyuwangi. Responden penelitian ditentukan dengan teknik undian setelah dilakukan uji homogenitas. vii Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-4 semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. Data diambil dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, dan uji beda atau uji t. Analisis data yang menggunakan uji ttes menunjukkan hasil thitung = 2,228 dan ttabel = 1,99 , sehingga thitung > ttabel yaitu 2,228 > 1,99 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi dapat dinyatakan bahwa penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika pada kelas kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional) adalah 75,35 % termasuk dalam kategori aktif dan untuk kelas eksperimen (menggunakan pembelajaran menerapkan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD) adalah 83,48 % dalam kategori sangat aktif. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan Hukum Newton dan Penerapannya siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesanggaran-Banyuwangi semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. (2) Penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar fisika siswa pada pokok bahasan Hukum Newton dan Penerapannya siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesanggaran-Banyuwangi semester ganjil tahun ajaran 2008/2009.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210102132;
dc.subjectPembelajaran Kooperatifen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Assessment Portofolio dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record