Show simple item record

dc.contributor.authorDyah Wijayanti
dc.date.accessioned2014-01-23T00:04:21Z
dc.date.available2014-01-23T00:04:21Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM030210102139
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21493
dc.description.abstractModel tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari – hari yang diimplementasikan dengan model investigasi kelompok, merupakan sebuah metode alternatif dalam melakukan pembelajaran. Penelitian dengan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari – hari yang diimplementasikan dengan model investigasi kelompok ini mengkaji tentang proses dan hasil selama pembelajaran. Pengkajian tersebut difokuskan pada rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu begaimanakah aktivitas siswa, efektifitas pembelajaran, dan retensi hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari – hari yang diimplementasikan dengan model investigasi kelompok?. Jenis penelitian ini adalah “bagian dari Research and Development”. Penerapan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari – hari yang diimplementasikan dengan model investigasi kelompok akan menghasilkan data yang nantinya digunakan dalam mengkaji aktivitas, efektifitas, dan retensi hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang belajar fisika, dan sampelnya adalah siswa SMA yang belajar fisika dengan menggunakan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari – hari yang diimplementasikan dengan model investigasi kelompok. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes dilaksanakan guna memperoleh data pre-test, post-test, dan tes tunda. Data pre-test dan post-test digunakan untuk mengkaji efektifitas belajar siswa. Data post-test dan tes tunda digunakan untuk mengkaji retensi hasil belajar siswa. Untuk mengkaji aktivitas balajar siswa, dibutuhkan data dari hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Selain tes dan observasi, wawancara terhadap guru dan siswa juga dilakukan untuk memperoleh data penunjang selama penelitian. Dokumentasi yang berupa daftar nama siswa dan foto – foto selama penelitian, juga diperlukan sebagai data tambahan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) aktivitas belajar siswa menggunakan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari-hari yang diimplementasikan dengan model investigasi kelompok tergolong baik (2) efektifitas pembelajaran menggunakan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian seharihari yang diimplementasikan dengan model investigasi kelompok tergolong sangat efektif, (3) retensi hasil belajar fisika siswa terhadap materi yang disampaikan menggunakan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari-hari tergolong kuat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210102139;
dc.subjectMODEL TUGAS MENSKET KONSEP FISIKAen_US
dc.titleMODEL TUGAS MENSKET KONSEP FISIKA PADA KEJADIAN SEHARI-HARI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (Diimplementasikan Dengan Model Investigasi Kelompok Pada Pokok Bahasan Dinamika Partikel)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record