Show simple item record

dc.contributor.authorHepy Septyaningrum
dc.date.accessioned2014-01-22T23:17:57Z
dc.date.available2014-01-22T23:17:57Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210204296
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21421
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Umbulsari 04, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Pada proses pembelajaran, kegiatan siswa lebih bersifat hafalan dari pada berpikir kritis. Metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi yaitu ceramah yang berjalan satu arah. Alasan guru menggunakan metode ceramah karena metode tersebut mudah dan cepat untuk menyampaikan materi dalam waktu yang terbatas. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata Ipelajaran IPS yaitu melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah meningkatkan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011-2012 setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS materi masalah-masalah sosial? (2) Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011- 2012 setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS materi masalah-masalah sosial? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada ix pelajaran IPS materi masalah-masalah sosial. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS materi masalah sosial. Pada penelitian ini subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV dengan jumlah 20 siswa yang terdiri atas 9 laki-laki dan 11 perempuan di SDN Umbulsari 04 Jember. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV SDN Umbulsari 04, siswa kelas IV SDN Umbulsari 04, referensi serta dokumentasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi sedangkan desain penelitian yaitu tersiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu berupa analisis hasil kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Data hasil observasi pada siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa rata-rata berpikir kritis siswa yaitu 2,7 sedangkan pada pertemuan 2 rata-rata berpiir kritis siswa mencapai 2,9. Pada siklus II pertemuan 1 kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 3,3 sedangkan pada pertemuan ke 2 mencapai 3,5 dalam kategori tinggi. Pada pembelajaran siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 45% sedangkan secara klasikal sebesar 68% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 75% sedangkan secara klasikal sebesar 79%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPS dengan materi masalah-masalah sosial dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Umbulsari 04 Jember sesuai dengan kriteria keberhasilan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar. Saran baik bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti lain adalah dalam proses belajar mengajar siswa dapat belajar untuk saling bekerja sama dan menghargai dengan model pembelajaran inovatif yang dikembangkan oleh guru melalui dukungan dari sekolah dan bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan kreativitas sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan bermanfaat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204296;
dc.subjectNumbered Head Togetheren_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Materi Masalah-Masalah Sosial Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011-2012”,en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record