Show simple item record

dc.contributor.authorHeny Nurrohmah Ningsih
dc.date.accessioned2014-01-22T22:56:41Z
dc.date.available2014-01-22T22:56:41Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM051510201065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21384
dc.description.abstractKopi menjadi salah satu komoditas perkebunan yang peranannya cukup penting bagi perekonomian nasional, khususnya sebagai penyedia lapangan kerja, sumber pendapatan dan devisa negara. Sebagai komoditas ekspor, harga kopi sangat dipengaruhi oleh harga di pasar internasional yang bersifat fluktuatif. Oleh karena itu, petani kopi selalu berupaya mencari informasi mengenai perkembangan harga kopi khususnya pada saat memasarkan kopinya. Informasi harga kopi akan dapat disebarkan kepada semua petani melalui peran-peran individu yang saling berkomunikasi (melakukan pertukaran informasi). Melalui pendekatan kelompok, proses penyebaran berbagai informasi pertanian akan menjadi lebih cepat dan terarah. Dari serangkaian hubungan (komunikasi) yang terjalin diantara individu dalam kelompok tani karena adanya pertukaran informasi diantara individu tersebut akan membentuk sebuah jaringan komunikasi. Penelitian dilakukan di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember pada kelompok tani Sidomulyo I sebagai salah satu kelompok tani kopi berjenis robusta yang telah berstandardkan ekspor dengan penetapan harga kopi mengikuti harga kopi internasional. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui struktur dan peran spesifik individu dalam jaringan komunikasi pada kelompok tani Sidomulyo I, (2) mengetahui tingkat keterbukaan klik, tingkat keterhubungan komunikasi, dan tingkat kekompakan jaringan komunikasi pada kelompok tani Sidomulyo I. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dan analitik, pengambilan contoh secara total sampling yaitu sebanyak 30 responden. Analisis yang digunakan adalah sosiometri, indeks keterbukaan klik, indeks keterhubungan komunikasi, dan indeks kekompakan jaringan komunikasi. vi Hasil penelitian menunjukkan: (1) Struktur jaringan komunikasi yang terbentuk pada kelompok tani Sidomulyo I cenderung memusat atau berbentuk roda yang berarti dapat memecahkan permasalahan dengan cepat, akan tetapi masih menunjukkan rendahnya akses informasi yang dimiliki oleh anggota kelompok tani Sidomulyo I. (2) Peran spesifik individu dalam jaringan komunikasi kelompok tani Sidomulyo I ada 2 (dua), yaitu star (bintang) dan opinion leader (pemimpin opini), (3)Tingkat keterbukaan klik pada jaringan komunikasi kelompok tani Sidomulyo I adalah rendah, yang ditunjukkan dengan indeks rata-rata tingkat keterbukaan klik sebesar 0,041.(4) Tingkat keterhubungan komunikasi pada jaringan komunikasi kelompok tani Sidomulyo I juga rendah, ditunjukkan dengan indeks keterhubungan komunikasi sebesar 0,188. dan (5) Tingkat kekompakan jaringan komunikasi pada kelompok tani Sidomulyo I rendah ditunjukkan dengan indeks kekompakan sebesar 31,26%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries051510201065;
dc.subjectJaringan komunikasien_US
dc.titleJaringan Komunikasi Perkembangan Harga Kopi Pada Kelompok Tani Sidomulyo I Kecamatan Silo Kabupaten Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record