Show simple item record

dc.contributor.authorRatna Citra Dewi
dc.date.accessioned2014-01-22T22:44:33Z
dc.date.available2014-01-22T22:44:33Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070202104251
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21372
dc.description.abstractDaya serap siswa yang kurang pada mata pelajaran IPS akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru di kelas cenderung monoton, sehingga kurang membangkitkan motivasi belajar siswa dan pemahaman siswa. Selain itu juga, guru jarang menggunakan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa akibatnya siswa merasa jenuh dan bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangkitkan aktivitas, daya serap dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Klompangan 02 Jember dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 8 Februari 2010 sampai dengan 23 Februari 2010. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VB. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung, dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan media pembelajaran peta konsep pokok bahasan Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas VB SD Negeri Klompangan 02 Jember terlaksana dengan lancar. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pembelajaran dan Siklus II hanya 1 kali pembelajaran karena merupakan pemantapan dari siklus I. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal adalah 67,96% pada x pembelajaran I dan meningkat menjadi 79,62% pada pembelajaran II di siklus I, 84,44% pada pembelajaran III semakin meningkat dibandingkan dari siklus I ke siklus II. Kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara lain awalnya terdapat beberapa siswa yang malu bertanya dan sulit berinteraksi dengan teman-temannya, kurang berpartisipasi dan cenderung pasif. Rata-rata keaktivan siswa pada dua siklus pembelajaran meningkat dari 73,79% siklus I menjadi 84,44% pada siklus II. Sedangkan prosentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 85,11% dan mencapai 94,44% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Media pembelajaran peta konsep pokok bahasan Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas VB SD Negeri Klompangan 02 Jember cukup optimal untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070202104251;
dc.subjectPeta Konsepen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Media Pembelajaran Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SD Negeri Klompangan 02 Ajung-Jember Tahun Ajaran 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record