Show simple item record

dc.contributor.authorFrandika Feri Budianto
dc.date.accessioned2014-01-22T22:09:11Z
dc.date.available2014-01-22T22:09:11Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM090210204153
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21363
dc.description.abstractIPS sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan kompetensi sosial siswa. Namun, sejauh ini hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS masih rendah karena metode pembelajaran yang diterapkan guru masih bersifat konvensional sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran IPS. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimanakah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di kelas VI SDN Jarit 02 Candipuro – Lumajang. Tujuannya untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPS pokok bahasan identitas benua di kelas VI SDN Jarit 02 Candipuro – Lumajang. Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation merupakan pembelajaran kooperatif yang terstruktur dengan enam tahap/fase pelaksanaan, yaitu : seleksi topik, melaksanakan kerjasama, implementasi, analisis dan sintesis, penyajian hasil akhir serta evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Jarit 02 Kecamatan Candipuro Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011 – 2012. Jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Desain penelitian ini adalah Classroom Action Research (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, jawaban guru dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 November s.d 5 Desember 2011 dalam dua siklus yang masing-masng siklus meliputi tahap planning, observation, action, dan reflection. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, persentase aktivitas siswa ( p ) = 64%, yang tergolong keaktifannya sedang dan persentase ketuntasan belajar sebesar 67% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara a klasikal. Dalam hal ini persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 75%, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus 2. Pada siklus 2, persentase aktivitas siswa sebesar ( viii p ) = 73%, yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 93%, yang tergolong telah a mencapai kentuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPS pokok bahasan identitas benua dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Jarit 02 Candipuro Lumajang. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pembelajaran IPS dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sebaiknya dapat dijadikan guru sebagai alternatif strategi pembelajaran di kelas. Agar hasil belajar yang dicapai maksimal, maka guru harus mempersiapkan media pembelajaran dan bahan ajar secara tepat, guru lebih memberikan perhatian pada siswa yang kurang memahami materi, guru lebih menguasai prinsip-prinsip menyelenggarakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation agar dapat mencapai hasil yang maksimal dan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru serta peneliti lain dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran di kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204153;
dc.subjectAKTIVITAS, PEMBELAJARAN, KOOPERATIFen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN IDENTITAS BENUA DI KELAS VI SDN JARIT 02 CANDIPURO – LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record