dc.description.abstract | Pembelajaran IPS di sekolah terutama di sekolah dasar selama ini cenderung
menggunakan teknik pembelajaran yang monoton misalnya ceramah, tanya jawab,
dan penugasan. Siswa juga sering diminta untuk mencatat penjelasan dari guru dan
menghafal materi-materi tertentu sehingga membuat siswa merasa kurang
menyenangi pelajaran IPS yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah.
Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball
Throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerjasama, berfikir kritis,
tanggung jawab, meningkatkan percaya diri siswa, dan dapat membantu teman yang
lain dalam memahami materi pelajaran secara bersama-sama. Rumusan masalah dari
penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V
pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Quantum
Teaching dengan teknik Snowball Throwing pada pokok bahasan perjuangan
melawan penjajah di SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember Tahun Ajaran
2010/2011? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata
pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan
teknik Snowball Throwing pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah di SDN
Mlokorejo 01 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011? Sesuai dengan rumusan
masalah yang telah ditentukan, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching
dengan teknik Snowball Throwing pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah
di kelas V SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011, (2) untuk
meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum
Teaching dengan teknik Snowball Throwing pada pokok bahasan perjuangan
melawan penjajah di kelas V SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember Tahun Ajaran
2010/2011.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember
yang terdiri dari 27 siswa, 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi
menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas dengan 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi
Dokumentasi, Observasi, Wawancara dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data
berupa observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil
tes individu.
Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari 2011 sampai 14 Maret
2011 dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember.
Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, dan hasil tes individu pada
saat penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball
Throwing berlangsung. Hasil analisis pada siklus I, persentase rata-rata aktivitas
siswa secara klasikal mencapai 64,8% sedangkan pada siklus II, persentase rata-rata
aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 15,9% menjadi 80,7%.
Analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 59,3%, pada siklus II
mencapai 85,2%. Hal itu berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan sebesar 25,9%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, secara klasikal siswa
kelas V mencapai ketuntasan belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing dapat menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka diharapkan guru dapat menggunakan
model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing sebagai
alternatif dalam proses pembelajaran IPS. | en_US |