Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Sukaisih
dc.date.accessioned2014-01-22T16:07:53Z
dc.date.available2014-01-22T16:07:53Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM010210103161
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21344
dc.description.abstractSelama ini pokok bahasan pencemaran lingkungan diajarkan dengan teknik ceramah dan diskusi. Dengan teknik ceramah dan diskusi saja siswa kurang dapat mengkaitkan antara materi pelajaran dengan pengetahuan yang diperoleh siswa sehingga perlu diterapkan suatu teknik pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa sesuai dengan dengan pengalaman yang sering terjadi di lingkungan sekitar siswa, yaitu pembelajaran kontekstual melalui teknik kasus dengan menggunakan media VCD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual melalui teknik kasus dengan menggunakan media VCD terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada tanggal 28 Maret sampai dengan 16 April 2005 di SMPN 2 Jember. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental. Sample penelitian ditentukan dengan teknik Random Sampling yang terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIB (kelas eksperimen) dan kelas VIIC (kelas kontrol). Analisis data dilakukan menggunakan Anova dengan Uji lanjut LSD 5%. Hasil dari penelitian ini diperoleh Fhitung dari aspek kognitif sebesar 11,81, Fhitung dari aspek afektif sebesar 39,34, dan Fhitung dari aspek psikomotor sebesar 31,29. Ftabel dari ketiga aspek adalah sebesar 3,96, Fhitung>Ftabel, yang artinya hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda secara nyata. Nilai rata-rata kelas Eksperimen adalah sebesar 84,68 ± 6,66 dan 77.80 ± 10,23 untuk nilai kognitif, 78.24 ± 4,95 dan 70,83 ± 5,40 untuk aspek afektif, 83,16 ± 3,00 dan 77,93 ± 4,91 untuk aspek psikomotor. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kontekstual melalui teknik kasus dengan menggunakan media VCD terhadap hasil belajar siswa. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa maka guru perlu menerapkan pembelajaran kontekstual melalui teknik kasus dengan menggunakan media VCD.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010210103161;
dc.subjecthasil belajar siswa, Media VCD, CTL melalui teknik kasus.en_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI TEKNIK KASUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Siswa Kelas I Semester 2 Di SMP Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2004/2005)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record