Show simple item record

dc.contributor.authorMeidia Ekaning Rahayu
dc.date.accessioned2014-01-22T16:06:00Z
dc.date.available2014-01-22T16:06:00Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210204412
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21343
dc.description.abstractBerdasarkan observasi awal pada siswa diketahui bahwa kemampuan menulis deskripsi siswa masih rendah. Permasalahan itu disebabkan teknik pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan begitu saja tanpa dibahas di kelas. Guru juga tidak melakukan refleksi di akhir pembelajaran. Sementara itu, siswa kurang berminat dalam pembelajaran menulis deskripsi dan cenderung ramai saat pembelajaran berlangsung. Selain itu, siswa belum mampu menyebutkan langkah-langkah menulis deskripsi, menggunakan dan memilih kata dalam menyusun kalimat, antara kalimat satu dengan yang lain tidak berkaitan, dan ejaan yang benar. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tindakan untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas 5 menggunakan teknik menulis berantai. Masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimana penerapan pembelajaran teknik menulis berantai yang dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas 5 SDN Sidomekar 01 Semboro, dan (2) bagaimana peningkatan ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa kelas 5 SDN Sidomekar 01 Semboro setelah diterapkan teknik menulis berantai dalam pembelajaran menulis deskripsi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran teknik menulis berantai pada siswa kelas 5 SDN Sidomekar 01 Semboro yang dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi, dan (2) meningkatkan ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa kelas 5 SDN Sidomekar 01 Semboro menggunakan teknik menulis berantai. Rancangan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dianalisis secara kualitatif. Data berupa tes tulis dianalisis secara kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 dan guru kelas 5 SDN Sidomekar 01 Semboro. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. vi Pembelajaran menulis deskripsi sebelum diterapkan teknik menulis berantai yang dilakukan oleh guru kelas 5 SDN Sidomekar 01 Semboro ialah metode ceramah dan penugasan. Penggunaan teknik menulis berantai dalam pembelajaran menulis deskripsi digunakan pada siklus I. Pada siklus I guru belum memberikan motivasi dan kurang membimbing siswa, serta siswa masih kurang aktif mengikuti pembelajaran, siswa masih banyak yang ramai saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga pembelajaran belum terlaksana dengan baik. Pada siklus II guru menentukan topik pembelajaran, memotivasi siswa dan memberikan bimbingan kepada siswa. Sedangkan siswa sudah mulai aktif mengikuti pembelajaran, sehingga pembelajaran terlaksana dengan baik. Kemampuan menulis deskripsi siswa sebelum diterapkan teknik menulis berantai diketahui dari hasil belajar siswa yang mencapai nilai ≥ 65 sejumlah 13 siswa dari total 30 siswa. Pada siklus I yang mencapai nilai ≥ 65 meningkat menjadi 14 siswa atau 47 % dari total 30 siswa, pencapaian tersebut dikarenakan sebagian besar siswa belum mampu menuliskan deskripsi dengan jelas, runtut, menggunakan SPOK, serta penggunaan ejaan. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 65 menjadi 23 siswa atau sebesar 77 % dari total 30 siswa. Artinya, pada siklus II ini sudah mencapai ketuntasan nilai, sebagian besar siswa sudah dapat menuliskan deskripsi dengan jelas, runtut, menggunakan subjek, predikat, objek, keterangan serta penggunaaan ejaan. Berdasarkan pada penelitian, bahwa penerapan teknik menulis berantai yang dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas 5 SDN Sidomekar 01 Semboro dengan penentuan topik pembelajaran terlebih dahulu, pemberian motivasi kepada siswa, dan pembentukan kelompok. Peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Sidomekar 01 Semboro setelah diterapkan teknik menulis berantai dalam pembelajaran menulis deskripsi dapat diketahui dari perbandingan nilai siswa. Pada prasiklus yang mencapai nilai ≥ 65 sejumlah 13 siswa. Pada siklus I yang mencapai nilai ≥ 65 sejumlah 14 siswa. Pada siklus II yang mencapai nilai ≥ 65 sejumlah 23 siswa. Saran bagi mahasiswa lain hendaknya memperbanyak wawasan tentang teori menulis deskripsi agar dalam melakukan penelitian dapat lebih sempurna. Kepada guru kelas hendaknya lebih membimbing siswa pada pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi. Bagi sekolah hendaknya lebih memperhatikan lingkungan di sekitar sekolah yang dapat mempengaruhi aktivitas menulis deskripsi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204412;
dc.subjectMeningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Teknik Menulis Berantaien_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENULIS BERANTAI PADA SISWA KELAS 5 SDN SIDOMEKAR 01 SEMBOROen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record