Show simple item record

dc.contributor.authorWindi Maghfiroh
dc.date.accessioned2014-01-22T14:46:25Z
dc.date.available2014-01-22T14:46:25Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM090210204081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21317
dc.description.abstractPembelajaran IPA di SDN Jenggawah 01 Jember masih cenderung memakai metode ceramah yang hanya berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan media sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran yang mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan dalam pembelajaran IPA tersebut dapat diatasi dengan metode eskperimen sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda melalui metode eksperimen di SDN Jenggawah 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013?.” Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda melalui metode eksperimen di SDN Jenggawah 01-Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jenggawah 01 Jember pada siswa kelas IV sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model skema Hopkins dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 62,38% (kategori aktif),dan pada siklus II mencapai persentase 81,83%, (kategori sangat aktif). Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 19,45% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui metode eksperimen mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71 dan pada siklus II sebesar 84,12 sehingga peningkatannya sebesar 13,12. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda di SDN Jenggawah 01-Jember tahun pelajaran 2012/2013. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah pembelajaran IPA dengan metode eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dan variasi dalam pembelajaran IPA agar siswa aktif dan tertarik dan pembelajaran yang dilakukan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204081;
dc.subjectMetode Eksperimen,Bahasan Sifat dan Perubahan Wujud Bendaen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SDN JENGGAWAH 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record