Show simple item record

dc.contributor.authorWINDA PRITANINGTYAS
dc.date.accessioned2014-01-22T14:12:49Z
dc.date.available2014-01-22T14:12:49Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210391136
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21300
dc.description.abstractDalam rangka pendekatan kesesuaian mutu tamatan yang meliputi kemampuan kerja dan sikap professional, serta jumlah tamatan dengan kebutuhan lapangan kerja. Depdiknas menempuh kebijakan untuk menyelenggarakan kurikulum SMK dengan model sistem ganda, dengan harapan agar siswa dapat menerapkan teori ke dalam lapangan pekerjaan dan menyesuaikan dengan masalah yang ditemui di lapangan pekerjaan tersebut. Siswa mempunyai dua jenis lingkungan belajar, yaitu lingkungan belajar disekolah dan lingkungan belajar di luar sekolah. Pemanfaatan dua lingkungan belajar dalam kegiatan proses pendidikan itulah disebut dengan program PSG. Bagi lembaga pendidikan kejuruan, PSG merupakan suatu keharusan dalam pelaksanaan pendidikannya. Berpijak pada masalah tersebut, penerapan program sistem ganda merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: “Adakah pengaruh yang signifikan Hasil Belajar Pendidikan Sistem Ganda terhadap Sikap Berwirausaha (Studi kasus pada siswa kelas XII jurusan Teknik Otomotif di SMK PGRI 3 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011/2012)”? Sesuai dengan permasalahan di atas maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Hasil Belajar Pendidikan Sistem Ganda (PSG) terhadap Sikap Berwirausaha (Studi kasus pada siswa kelas XII jurusan Teknik Otomotif di SMK PGRI 3 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011/2012).PSG merupakan inovasi pada program SMK dimana peserta didik melakukan praktek kerja di perusahaan atau industri yang merupakan bagian integral dari proses pendidikan dan pelatihan di SMK. Kegiatan PSG merupakan suatu proses pendidikan keahlian professional yang memadukan secara sistematik antara program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung pada dunia kerja secara terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu. Kegiatan PSG ini dapat memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan yang memadai bagi peserta didik. Pengalaman yang diperoleh dari kegiatan ini diharapkan dapat mendorong sikap siswa dalam berwirausaha. Hasil belajar PSG merupakan keberhasilan peserta didik setelah menyelesaikan praktek di dunia usaha dalam industri (DUDI) berupa nilai. Penilaian diartikan sebagai proses pengukuran dan penafsiran hasil pengukuran tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi yang harus dikuasainya Adapun hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh yang signifikan Hasil Belajar Pendidikan Sistem Ganda (PSG) terhadap Sikap Berwirausaha (Studi kasus pada siswa kelas XII jurusan Teknik Otomotif di SMK PGRI 3 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011/2012). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode proportional random sampling dengan responden sebanyak 61 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, persamaan garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PSG berpengaruh signifikan terhadap sikap berwirausaha. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yaitu pada variabel Hasil Belajar PSG (X) thitung > ttabel (297.668 > 4,004), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. artinya adalah variabel independent Hasil Belajar PSG (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependent Sikap Berwirausaha (Y). dengan tingkat taraf signifikan = 5% dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 83,5% yang berarti bahwa variabel PSG memberikan proporsi sumbangan sebesar 83,5% terhadap sikap berwirausaha. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar PSG memberikan kontribusi yang positif terhadap sikap berwirausaha. Hal ini dikarenakan segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan PSG tersebut diharapkan mampu memberikan keterampilan, kemampuan, dan keahlian bagi para siswa SMK PGRI 3 Tanggul yang sangat dibutuhkan pada saat mereka mencari pekerjaan setelah lulus.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210391136;
dc.subjectHasil Belajar Pendidikan Sistem Ganda (PSG)en_US
dc.titlePENGARUH HASIL BELAJAR PENDIDIKAN SISTEM GANDA TERHADAP SIKAP BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII jurusan Teknik Otomotif SMK PGRI 3 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record