Show simple item record

dc.contributor.authorWINARTI
dc.date.accessioned2014-01-22T13:37:48Z
dc.date.available2014-01-22T13:37:48Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM030210301321
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21276
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian survai dengan maksud explanatory research yaitu menjelaskan hubungan antar variabel menggunakan pengujian hipotesa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi variabel bauran pemasaran terhadap variabel loyalitas pelanggan dan variabel bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL jalan Sumatra no.161 Jember tahun 2008). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL Jember dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan teknik accidental purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi berganda, uji F, dan uji t. Sebagai syarat analisis digunakan uji asumsi klasik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran (produk, harga, tempat, karyawan, proses dan bukti fisik) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (113,957 > 2,198) dengan signifikansi 0,000 dan koefisien determinan (R Square) sebesar 0,880 yang berarti bahwa proporsi sumbangan variabel produk, harga, tempat, karyawan, proses dan bukti fisik secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan sebesar 88,0%. Hasil uji t dari masingmasing variabel bauran pemasaran terhadap variabel loyalitas pelanggan adalah produk (X1) = thitung > ttabel (3,312 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,001, harga (X2) =thitung > ttabel (3,368 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,001, distribusi (X3) = thitung > ttabel (1,108 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,027, karyawan (X4) = thitung > ttabel (3,152 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,002, proses (X5) = thitung > ttabel (5,130 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,000, dan bukti fisik (X6) = thitung > ttabel (2,607 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,011. Variabel bauran pemasaran (X) mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap loyalitas pelanggan (Y) dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,938. Variabel proses (X5) mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL tahun 2008 sebesar 32,76%. Untuk itu, variabel bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL Jember tahun 2008. Sehingga variabel bauran pemasaran dapat digunakan sebagai salah satu strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210301321;
dc.subjectBauran Pemasaran, dan Loyalitas Pelangganen_US
dc.titlePENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record