Show simple item record

dc.contributor.authorROHMAH ALAM ISLAMI
dc.date.accessioned2014-01-22T13:05:31Z
dc.date.available2014-01-22T13:05:31Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210102102
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21259
dc.description.abstractPendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi. Fisika bagian dari IPA merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang alam dan gejala-gejalanya secara ilmiah. Konsep fisika menekankan bahwa pembelajaran tidak hanya mempelajari fisika sebagai produk saja tetapi juga prosesnya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk memperbaiki, memperbaharui, dan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep fisika adalah melalui penerapan suatu model pengajaran yang member kesempatan kepada anak didik untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas terstruktur. Salah satu model yang member siswa waktu lebih banyak untuk berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain didalam kelompok yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa, serta memperkecil peluang siswa untuk pasif dalam pembelajaran sehingga akan terwujud optimalisasi partisipasi siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan performance assessment. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan performance assessment dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP (2) Bagaimanakah aktivitas belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan performance assessment pada pembelajaran fisika di SMP?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan performance assessment dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP, (2) Mengkaji aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan performance assessment pada pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Balung. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk menguji taraf signifikansi perbedaan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Dari hasil perhitungan menunjukkan harga t viii tes tes = 4,439 dan harga t = 1,996. Dengan menggunakan criteria pengujian yaitu jika -t diterima dan H a tabel ≤ t tes ≤ +t tabel tabel maka H ditolak. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa nilai -t tabel <t tes >+t tabel maka dengan demikian, hipotesis nihil H ditolak dan hipotesis kerja H a o diterima. Hasil analisis aktivitas diperoleh bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada pertemuan kelas eksperimen secara klasikal adalah 85,8%, dengan kriteria persentase aktivitas tergolong sangat aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan performance assessment dengan model konvensional pada kelas VII SMPN 1 Balung tahun ajaran 2011/2012 dan 2) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan performance assessment baik dimana aktivitas siswa termasuk dalam kategori sangat aktif yaitu dengan rata-rata 85,8%en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102102;
dc.subjectThink Pair Shareen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record