dc.description.abstract | Analisis Tingkat Kognitif Pertanyaan Pada Buku Teks Matematika Kelas VII
Pokok Bahasan Bilangan Bulat Berdasarkan Taksonomi Bloom, Ellisia
Kumalasari, 040210101298, 44 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
Salah satu sarana yang sangat penting dalam proses belajar mengajar adalah
sumber belajar yaitu buku teks. Tingkat kesulitan pertanyaan pada latihan soal yang
terdapat dalam buku teks perlu disesuaikan dengan tingkat kognitif pembacanya. Hal
ini sejalan dengan pendapat Britton yang menyatakan bahwa penyajian buku teks
matematika akan efektif jika disesuaikan dengan pemrosesan (tingkat) kognitif
pembacanya. Soal-soal latihan yang terdapat dalam buku teks matematika umumnya
belum terklasifikasi tingkat kognitifnya sehingga mengakibatkan siswa mengalami
kesulitan dalam mengerjakan soal. Berdasarkan uraian di atas maka akan diadakan
penelitian mengenai pengklasifikasian tingkat kognitif pertanyaan pada soal yang
termuat dalam buku teks matematika, utamanya buku teks matematika SMP kelas
VII yang merupakan hasil pengadaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang
sering dipakai di banyak sekolah, yaitu Tiga Serangkai dan Erlangga. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase tingkat kognitif pertanyaan yang
ada pada buku teks matematika SMP kelas VII berdasarkan Taksonomi Bloom.
Sumber data dalam penelitian ini adalah buku matematika SMP kelas VII yang
dipakai di banyak sekolah, yaitu buku berjudul Matematika Kreatif Konsep dan
Terapannya, yang diterbitkan oleh Tiga Serangkai, disusun oleh Ponco Sujatmiko
dan dicetak pada tahun 2005 dan buku yang berjudul Matematika 1A, disusun oleh M.
Cholik Adinawan dan Sugijono yang dicetak pada tahun 2007. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk
mendeskripsikan tingkat kognitif pertanyaan yang terdapat pada latihan soal
viii
berdasarkan Taksonomi Bloom. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode dokumentasi. Analisis data berupa analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa pada buku teks matematika SMP terbitan Tiga Serangkai, persentase tingkat
kognitif dari 63 soal yang memuat 218 pertanyaan berdasarkan Taksonomi Bloom
adalah 28,5% aspek pengetahuan (C1) yang terbagi atas 11,5% (C1-1); 17% (C1-2);
dan 0% (C1-3); 62,4% aspek pemahaman (C2) yang terbagi atas 2,8 % (C2-1); 20,2%
(C2-2); dan 39,4% (C2-3); 7,3% aspek aplikasi (C3); 1,4% aspek analisis (C4); dan
0,4% untuk aspek sintesis (C5) dan 0% untuk aspek evaluasi (C6). Sedangkan pada
buku teks matematika SMP terbitan Erlangga, persentase tingkat kognitif dari 125
soal yang memuat 315 pertanyaan berdasarkan Taksonomi Bloom adalah 26% aspek
pengetahuan (C1) yang terbagi atas 20,9% (C1-1); 5,1% (C1-2); dan 0% (C1-3); 67%
aspek pemahaman (C2) yang terbagi atas 7,3% (C2-1); 8,3% (C2-2); dan 51,4% (C2-
3); 3,2% aspek aplikasi (C3); 3,8% aspek analisis (C4); 0% untuk aspek sintesis (C5)
dan aspek evaluasi (C6). | en_US |