Show simple item record

dc.contributor.authorSepta Trianawati
dc.date.accessioned2014-01-22T06:30:13Z
dc.date.available2014-01-22T06:30:13Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210391164
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21136
dc.description.abstractKegiatan belajar mengajar yang terjadi di sekolah tidak hanya dilakukan oleh satu pihak, tetapi juga didukung oleh beberapa komponen yang saling terkait. Suatu proses belajar mengajar terdapat dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran, media yang tidak bervariasi akan berdampak pada rendahnya motivasi belajar. Agar siswa memiliki motivasi yang lebih baik, guru harus selektif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi. Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi pada Standart kompetensi mengenal Pasar Modal dalam bidang ekonomi adalah media CD interaktif, dengan media ini daharapkan siswa lebih memahami standart kompetensi pasar Modal yang merupakan materi yang banyak terdapat istilah- istilah yang asing di dengar oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar Ekonomi materi pasar modal dalam bidang ekonomi pada siswa kelas X1 IPS 2 SMA Negeri 1 Lumajang melalui media CD interaktif tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Lumajang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media CD interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lumajang pada mata pelajaran ekonomi standart kompetensi mengenal pasar modal dalam bidang ekonomi tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan motivasi belajar sebelum tindakan,ditunjukan dengan siswa memiliki skor 2,46 dengan kategori rendah, namun setelah diterapkan tindakan pada siklus I skor meningkat menjadi 3,22 dengan kategori sedang dan pada siklus II motivasi belajar siswa memiliki skor 3,78 dengan kategori tinggi. Jika pada siklus I siswa masih mulai mengenal motivasi baru yang ditawarkan yakni siswa menyadari membutuhkan adanya inovasi dalam pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa media CD interaktif ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dari yang sebelumnya rendah menjadi motivasi belajar tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan media CD Interaktif ini pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lumajang dapat berjalan dengan baik, siswa terlihat senang dan motivasi belajar siswa dapat meningkat menjadi tinggi maka berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan media CD Interaktif pada standart kompetensi mengenal Pasar Modal dikelas XI IPS 2 SMAN 1 Lumajang, maka peneliti menyarankan kepada pembaca, dan merekomendasikan kepada guru bidang studi ekonomi bahwa media CD Interaktif dapat dijadikan alternatif pilihan dalam proses pembelajaran di kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210391164;
dc.subject“Penggunaan Media Compact Discen_US
dc.titlePenggunaan Media CD Interaktif dalam Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Studi kasus pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lumajang pada standar kompetensi dasar mengenal pasar modal Tahun Ajaran 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record