Show simple item record

dc.contributor.authorNurlailli Ikawati Novidiah Ningrum
dc.date.accessioned2014-01-22T06:20:52Z
dc.date.available2014-01-22T06:20:52Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210204149
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21107
dc.description.abstractMotivasi belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah metode mengajar guru yang kurang membangkitkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatakan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata oelajaran IPS pokok bahasan Pekerjaan di Masyrakat melalui penerapan metode inquiry. Penelitian ini dilakukan di SDN Rowotengah 02 Sumberbaru Jember. Penentuan subyek penelitian metode populasi, yaitu di kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas III dan guru kelas III, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas III. Desain yang dipakai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah modifikasi dari Kemmis dan Taggart: 1998 dalam Sukidin (2002:49) yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 2,25 dengan kriteria rendah, sedang hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 24%. Pada siklus I, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 2,88 dengan kriteria sedang, dan hasil belajar siswa meningkat viii dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 68%. Pada siklus II, motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat dengan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 3,44 dengan kriteria tinngi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 84%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tindakan kelas menggunakan metode inquiry adalah sebagai berikut : 1. Adanya peningkatan motivasi belajar IPS pokok bahasan Pekerjaan di Masyarakat pada siswa kelas 3 SDN Rowotengah 02 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Indikatornya dapat diketahui pada pencapaian skor ratarata motivasi belajar siklus I sebesar 2,88 dan Siklus II sebesar 3,44 (kategori motivasi belajar tinggi) 2. Adanya peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan Pekerjaan di Masyarakat pada siswa kelas 3 SDN Rowotengah 02 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Indikatornya dapat diketahui pada pencapaian skor rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 68% dan Siklus II sebesar 84% (tuntasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204149;
dc.subjectMetode Inquiryen_US
dc.titlePenerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Pekerjaan di Masyarakat Pada siswa kelas III SDN Rowotengah 02 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record