Show simple item record

dc.contributor.authorElirman
dc.date.accessioned2014-01-22T06:18:53Z
dc.date.available2014-01-22T06:18:53Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210204048
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21100
dc.description.abstractElirman; NIM 070210204048; 2011; 52 Halaman; Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeritas Jember. Menurunnya aktivitas dan nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran dan Media pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPS. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa metode pembelajaran. Metode dan media tersebut dapat mendekatkan IPS kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatan aktivitas pembelajaran IPS pokok bahasan Hak dan Kewajiban Warga Negara dengan metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember, serta Bagaimanakah meningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember dengan menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran IPS Pokok Bahasan Hak dan Kewajiban Warga Negara?. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebang 03 dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan hak dan kewajiban warga 7 Negara dengan menggunakan metode bermain peran Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang, dimulai pada tanggal 10 Januari 2011 sampai tanggal 15 Januarir 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVB dengan jumlah siswa 47 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema kemis dan taggar dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penggunaan metode bermain peran pada pembelajaran IPS materi hak dan kewajiban warga negara ini efektif karena dapat meningkatkan minat belajar siswa, kemampuan akademik dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari 53,19% menjadi 89,36%. Aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus II dari 63,11% menjadi 73,93%. Peningkatan aktivitas diatas, dapat dilihat bahwa dengan bermain peran dapat meminimalisir kekurangan dari pembelajaran tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan hak dan kewajiban warga negara dikatakan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 53,19% atau sebanyak 25 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 89,36% atau sebanyak 42 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Saran dari penelitian ini adalah Metode pembelajaran dengan bermain peran (role playing) dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204048;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJARen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GEBANG 03 DALAM MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record