Show simple item record

dc.contributor.authorIQBAL ANSORI
dc.date.accessioned2014-01-22T06:16:32Z
dc.date.available2014-01-22T06:16:32Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210204170
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21096
dc.description.abstractRendahnya motivasi belajar siswa dikarenakan guru umumnya menggunakan metode ceramah, guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Hasil belajar IPA yang dicapai siswa kelas V di SD Negeri Bagorejo 01 masih rendah, yaitu dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) mata pelajaran IPA SDN Bagorejo 01, dimana kriteria ketuntasan minimum mata pelajaran IPA yang ditetapkan di SDN Bagorejo 01 adalah ≥ 60. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuiri dan media tiga dimensi serta peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode inkuiri dan media tiga dimensi pada materi pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di kelas V SDN Bagorejo 01 Gumukmas Jember semester II tahun pelajaran 2010-2011, sebanyak 20 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Meotode analisis data penelitian ini adalah deskriptif persentase. Data penelitian yang dianalisis meliputi ketuntasan belajar individu, dan ketuntasan belajar secara klasikal. Selanjutnya hasil analisis data diperoleh baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil ini di interpetasi dan disimpulkan yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 07 Maret 2011 sampai 23 Maret 2011 Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Bagorejo 01 Gumukmas Jember dengan Metode Inkuiri dan media tiga dimensi berjalan dengan baik meskipun belum optimal karena keterbatasan waktu. Analisis pada hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan tindakan pembelajaran dengan Metode inkuiri dan media tiga. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I termasuk dalam kriteria tuntas yaitu 75%, meskipun pada siklus I sudah ada peningkatan penelitian dilanjutkan pada siklus II sebagai pemantapan, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan yaitu 85%. Saran peneliti, berdasarkan hasil penelitian, metode Inkuiri dapat dijadikan alternatif untuk masukan metode mengajar dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204170;
dc.subjectMETODE INKUIRI, MEDIA TIGA DIMENSI, HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN BAGOREJO 01 GUMUKMAS JEMBER (Materi Pesawat Sederhana Semester II Tahun Pelajaran 2010-2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record