Show simple item record

dc.contributor.authorDyah Inge Nuritasari
dc.date.accessioned2014-01-22T06:10:43Z
dc.date.available2014-01-22T06:10:43Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21083
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan jenis penelitian komparasional yang bertujuan untuk mengeta hui perbedaan hasil belajar siswa antara model TGT (Team Games Tournament) dengan media kokami dan pembelajaran kontekstual dengan media kartu kerja pada pembelajaran IPS Ekonomi sub pokok bahasan kegiatan pokok ekonomi semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Kesimpulan mengenai kedua metode tersebut akan menjadi lebih kuat dengan menggunakan kelompok kontrol sebagai pembanding, yaitu dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Tournament) merupakan pembelajaran melalui penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam memahami materi sebelum turnamen akademik berlangsung. Pembelajaran model TGT ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan sebagai guru bagi temannya, sehingga siswa bukan hanya belajar dan menerima penjelasan guru melainkan juga dapat belajar dari siswa lainnya. Turnamen akademik dalam pembelajaran model TGT ini akan menggunakan media berupa media kokami , yang berupa gambar, pertanyaan, waktu dan skor. Pembelajaran kontekstual adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada suatu proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata. Dalam melakukan diskusi dan observasi siswa akan meng gunakan media kartu kerja. Media kartu kerja berisi tentang masalah yang akan didiskusikan siswa dan petunjuk saat melakukan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terditi dari empat kelas dan sampel yang digunakan adalah sebanyak tiga kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 yang akan menggunakan pembelajaran Model TGT dengan media kokami, kelas VII B menggunakan pembelajaran konvensional, dan kelas VII C menggunakan pembelajaran kontekstual dengan media kartu kerja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis ANOVA. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data ANOVA diperoleh Fhitung = 30,418 dan Ftabel = 3,07 pada taraf signifikansi 5 %. Karena Fhitung > Ftabel maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model TGT (Team Games Tournament) dengan media kokami dan pembelajaran kontekstual dengan media kartu kerja.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0 0210301296;
dc.subjectModel TGT, pembelajaran kontekstualen_US
dc.titlePERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Studi Komparatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Jember Pada Pembelajaran IPS Ekonomi Sub Pokok Bahasan Kegiatan Pokok Ekonomi Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record