Show simple item record

dc.contributor.authorEKOWATI
dc.date.accessioned2014-01-22T06:06:10Z
dc.date.available2014-01-22T06:06:10Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210274038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21070
dc.description.abstractKenyataan yang terjadi menunjukan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran IPA materi energi listrik melalui penerapan metode demonstrasi, (2) menganalisis hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi energi listrik melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tempeh Tengah 01 yang terdiri dari 30 siswa, 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 27 Januari 2010 sampai 30 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Tempeh Tengah 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran pecahan dengan menggunakan Metode Demonstrasi adalah: pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 47%; siklus II sebesar 93%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 100% siswa mencapai nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut dlketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Ilmu Pengatahuan Alam materi listrik dapat mencipkan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274038;
dc.subjectHasil Belajar, Teori Belajar Sosial, Demonstrasi.en_US
dc.titlePENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG ENERGI LISTRIK SISWA KELAS 6 SDN TEMPEH TENGAH 01 TEMPEH - LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record