Show simple item record

dc.contributor.authorNur Khasanah
dc.date.accessioned2014-01-22T06:05:13Z
dc.date.available2014-01-22T06:05:13Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM090210204156
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21065
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan kurangnya kemampuan siswa kelas III SDN Darungan 01 Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang dalam berbicara. Hal ini disebabkan proses pembelajaran umumnya menggunakan metode ceramah dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran untuk membantu siswa memahami penjelasan guru, sehingga siswa cenderung tidak memperhatikan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan membatasi permasalahan pada proses penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas III SDN Darungan 01 Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang dan peningkatan hasil belajar siswa terhadap kemampuan berbicara setelah diterapkan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN Darungan 01 Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 25-29 November 2011 di SDN Darungan 01 Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penggunaan metode TAI untuk meningkatkan kemampuan berbicara dimaksudkan untuk membantu siswa memiliki bahan pembicaraan sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam hal kompetensi berbicara pada pelajaran bahasa Indonesia; 2) kemampuan berbicara siswa kelas III SDN Darungan 01 setelah menggunakan metode TAI dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pengikuti pembelajaran. viii Dari hasil observasi terlihat tingkat partisipasi siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I partisipasi siswa dalam 4 aktivitas yang diamati seperti aktivitas siswa dalam memperhatikan pembelajaran mencapai 74,10%, aktivitas siswa mengacungkan tangan 62,50%, aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan 72,32%, dan aktivitas siswa untuk maju berbicara di depan kelas 66,07%, serta rata-rata semua komponen aktivitas siswa mencapai 68,75% yang masuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II persentase keaktifan siswa menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik, yaitu aktivitas siswa dalam memperhatikan pelajaran menjadi 90,17%, aktivitas siswa mengacungkan tangan 84,82%, aktivitas siswa menjawab pertanyaan 83,92%, dan aktivitas siswa berani maju ke depan kelas untuk bercerita 89,28% dengan rata-rata semua komponen aktivitas siswa pada siklus II sebesar 87,05%. Dari hasil tersebut dapat diketahui adanya dampak yang baik dari penggunaan metode TAI terhadap aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Saran yang diberikan yaitu guru dalam melaksanakan pembelajaran hendaknya berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswa khususnya dalam aspek berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode yang sesuai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204156;
dc.subjectTeam Accelerated Instructionen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Team Accelerated Instruction (TAI) Siswa Kelas III SDN Darungan 01 Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record