Show simple item record

dc.contributor.authorYunik Fitmar Yanty
dc.date.accessioned2014-01-22T06:02:05Z
dc.date.available2014-01-22T06:02:05Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM050910201045
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21055
dc.description.abstractJaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) adalah program bantuan pemerintah dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan masyarakat miskin atau kurang mampu. Dalam kegiatan pelayanannya pasien Jamkesmas tidak dipungut biaya. Yang perlu diperhatikan apakah mereka (pasien Jamkesmas) sudah mendapatkan pelayanan yang baik atau sebaliknya. Karena dalam pelaksanaan pelayanannya, diperoleh informasi dari media cetak atau elektronik bahwa tidak jarang ada ada pasien pengguna Jamkesmas mengeluh karena merasa dianak-tirikan pelayanannya oleh rumah sakit atau puskesmas. Permasalahan pada Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember adalah selain jumlah kunjungan pasien Jamkesmas yang sedikit mengingat jumlah penerima relatif banyak, terdapat pula keluhan langsung dari pasien Jamkesmas tentang sarana prasarana dan pemungutan biaya. Tujuan penelitian mengetahui tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan pada unit rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi di Puskesmas Pakusari Jalan PB. Sudirman No. 87 Pakusari-Jember pada bulan Mei 2011. Populasi adalah pasien Jamkesmas dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 30 orang. Data primer berupa wawancara, kuisioner dan informasi lisan dari pihak Puskesmas. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi data, UU, Surat Keputusan, dan buku sebagai literartur. Sumber data berasal dari pasien Jamkesmas,Bu Esti (Administrasi Data), serta bidan dan perawat. Metode penelitian menggunakan rumus Skala Likert yang kemudian dioperasionalisasikan pada rumus Servqual. Rumus nilai servqual terdiri dari 5 dimensi, yaitu Bukti Langsung (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empaty). Hasil penelitian menggunakan rumus servqual menunjukkan angka negatif dengan skor -3,44 yang artinya kepuasan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan pada unit rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember dikatakan tidak puas. Artinya harapan pasien pada layanan tersebut masih jauh dengan apa yang diharapkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050910201045;
dc.subjectKepuasan Pasien, Service Qualityen_US
dc.titleKEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA UNIT RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record