Show simple item record

dc.contributor.authorNur Kasri
dc.date.accessioned2014-01-22T05:58:04Z
dc.date.available2014-01-22T05:58:04Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210204002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21045
dc.description.abstractHasil observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IIIB SDN Mangli 01 Jember masih tergolong rendah terutama pada kemampuan menentukan pilihan kata, keruntutan gagasan dan penggunaan ejaan dan tanda baca. Hal ini disebabkan guru kurang mampu menciptakan proses pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Pembelajaran hanya berlangsung satu arah atau berpusat pada guru yaitu dari guru kepada siswa. Akibatnya, siswa merasa kaku dan cepat bosan sehingga tidak mampu mengungkapkan pikiran dan perasaannya secara total dalam menulis karangan. Media pembelajaran kartu bercerita adalah salah satu alat pembelajaran yang berupa kartu yang berisi kalimat yang digunakan dalam upaya meningkatkan mutu hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengarang. Dengan menggunakan media pembelajaran kartu bercerita, siswa diajak bermain sambil belajar. Artinya, guru membuat suasana yang sedemikian rupa sehingga siswa secara tidak disadari melakukan kegiatan belajar dalam permainannya. Media kartu bercerita dipilih karena selain dapat mengaktifkan dan memotivasi siswa juga dapat mengorganisir daya nalar siswa untuk menuangkan gagasannya dalam menulis karangan secara runtut. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti mengangkat permasalahan (1) bagaimanakah proses penerapan media kartu bercerita yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember, dan (2) bagaimanakah hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember setelah digunakan media kartu bercerita. xii Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskrisikan proses penerapan media kartu bercerita yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember; dan (2) mendeskripsikan hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember setelah digunakan media kartu bercerita. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Mangli 01 Jember dan diikuti oleh seluruh siswa kelas IIIB sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masingmasing dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dan dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IIIB SDN Mangli 01 Jember. Kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media kartu bercerita diketahui ada peningkatan pada setiap siklus. Dari jumlah siswa sebanyak 32, pada tahap prasiklus terdapat 20 siswa yang tidak tuntas (62,5%) dan yang tuntas hanya 12 siswa (37,5%). Pada siklus I terjadi peningkatan, siswa yang tidak tuntas tinggal 15 siswa (47%), dan yang tuntas mencapai 17 siswa (53%). Pada siklus I belum mencapai standar ketuntasan secara klasikal. Setelah diterapkan siklus II, maka hasil belajar siswa meningkat. Siswa yang tuntas sudah mencapai 26 siswa (81%), dan yang tidak tuntas tinggal 6 siswa (19%) dan dinyatakan tuntas secara klasikal. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagi guru kelas, hendaknya menggunakan media pembelajaran seperti media kartu bercerita atau media yang lainnya untuk membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa sehingga kemampuan menulisnya megalami peningkatan, dan 2) bagi sekolah, hendaknya menyediakan fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran yang berupa media-media pembelajaran khususnya untuk menunjang mata pelajaran Bahasa Indonesia agar siswa menguasai keempat aspek keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan, menulis, berbicara, dan membaca.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204002;
dc.subjectMenulis Karangan Narasien_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Kartu Bercerita pada Siswa Kelas III SDN Mangli 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record