Show simple item record

dc.contributor.author’ANATUN NISWAH ELFANY
dc.date.accessioned2014-01-22T05:44:43Z
dc.date.available2014-01-22T05:44:43Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM040210101105
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21003
dc.description.abstractPembelajaran kooperatif menggunakan media permainan monopoli merupakan suatu strategi dalam pembelajaran yang disusun untuk membantu pengembangan kerja sama dan interaksi antar siswa melalui kombinasi media yang menarik yaitu permainan monopoli matematika, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan, keterampilan, ketangkasan, pemahaman serta melatih pengetahuan siswa. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala-kendala yang dijumpai, aktivitas siswa serta ketuntasan belajar siswa apabila diterapkan pembelajaran kooperatif menggunakan media permainan monopoli matematika. Pembelajaran ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Jember pada tanggal 25 Agustus 2008 sampai dengan 22 September 2008. Subyek penelitiannya yaitu siswa kelas X.4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, wawancara dan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif menggunakan media permainan monopoli matematika dapat memberikan semangat kepada siswa untuk belajar matematika. Penggunaan permainan dalam pembelajaran menciptakan suasana kelas yang cenderung santai dan tidak membosankan sehingga siswa merasa senang dan tertarik mengikuti pembelajaran. Adapun kendala yang dijumpai pada penerapan pembelajaran ini yaitu pada tahap membimbing kelompok bekerja dan belajar. Siswa merasa kesulitan ketika harus menjawab pertanyaan yang materinya belum diajarkan sehingga guru perlu memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara menyelesaikan soal yang materinya belum dijelaskan tersebut agar siswa dapat menemukan solusi yang tepat. Dari hasil analisis data observasi aktivitas siswa dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Rata-rata persentase aktivitas siswa untuk visual activities, oral activities, listening activities dan tidak aktif masing-masing sebesar 24,72%, 36,96%, 27,21% dan 18,86%. Berdasarkan rata-rata tersebut dapat dilihat bahwa aktivitas yang paling sering muncul selama pembelajaran yaitu oral activities (diskusi dan interaksi). Adapun dari hasil analisis data tes siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ini telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase sebesar 87,76% pada tes akhir I dan 91,8% pada tes akhir II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101105;
dc.subjectPembelajaran Kooperatifen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X.4 SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2008/2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record