Show simple item record

dc.contributor.authorNurindah Septianingsih
dc.date.accessioned2014-01-22T05:20:22Z
dc.date.available2014-01-22T05:20:22Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080910202001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20895
dc.description.abstractPerusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember mengembangkan usaha yang usahanya ini adalah memproduksi air minum dalam kemasan dan diberi nama Hazora. Sebagai pendatang produk baru dari tahun 2001, air kemasan Hazora dalam bisnis di wilayah Kota Kabupaten Jember tentu masih dihadapkan pada berbagai persoalan produksi dan pemasaran dalam kancah persaingan dengan kompetitor-kompetitor yang sudah memiliki citra pasar di masyarakat dan kompetitor yang juga hanya memasarkan produknya di wilayah Kabupaten Jember. Dalam konteks bauran pemasaran salah satu aspeknya adalah tentang produk. Sejauh mana sebuah produk dapat menjadi mampu diterima oleh masyarakat/konsumen tentunya dengan suatu atribut-atribut kualitas yang melekat pada produk tersebut. Suatu produk air minum dalam kemasan harus berkualitas, tertera dalam Keputusan Menteri Kesehatan No.907 Tahun 2002 tentang Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum, memuat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi air untuk layak konsumsi, baik secara fisik, kimia maupun mikrobiologi. Pertama, dari segi fisik, air harus tidak berbau; tidak berasa; tidak berwarna; serta tidak boleh keruh. Kedua, dari segi kimiawi, air minum itu boleh mengandung cemaran logam, tetapi harus sesuai dengan kadar maksimum yang telah ditetapkan. Cemaran logam dimaksud seperti timbal (Pb); tembaga (Cu); Cadmium (Cd); Raksa (Hg); Perak (Ag) dan Cobalt (Co). Sedangkan dari segi mikrobiologinya, air minum sama sekali tidak boleh mengandung cemaran mikrobiologi. Sehingga produk yang ditawarkan oleh penjual dapat dikatakan berkualitas oleh konsumen setelah konsumen merasakan kualitas air minum yang sudah dikonsumsinya dan hal ini yang membuat perusahaan berusaha memfokuskan pada kualitas produk dan membandingkannya dengan produk yang ditawarkan oleh pesaing. Dari adanya kualitas produk, konsumen dapat merasakan apakah suatu produk yang telah dikonsumsi tersebut sudah dapat dikatakan memenuhi atau tidaknya melebihi harapannya. Sehingga hal ini berkaitan pula dengan kepuasan konsumen atau pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan kualitas produk dengan kepuasan pelanggan air minum dalam kemasan Hazora pada perusahaan daerah air minum (PDAM) Jember. Metode penelitian ini menggunakan tipe penelitian assosiatif. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah responden 90 orang. Sumber data penelitian ini dengan kuesioner. Analisis data menggunakan rank spearman. Hasil analisis data variabel kualitas produk dengan kepuasan pelanggan menunjukkan perolehan harga r hitung sebesar 0,605 dan tingkat hubungannya tergolong kuat. Sedangkan perolehan harga t hitung sebesar 7,127 dan harga t tabel sebesar 1,991, maka hubungan kualitas produk dengan kepuasan pelanggan terdapat hubungan yang positif dan signifikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910202001;
dc.subjectKualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Air Minum,Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jemberen_US
dc.titleHubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Hazora Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record