Show simple item record

dc.contributor.authorIndra Manto
dc.date.accessioned2014-01-22T05:01:14Z
dc.date.available2014-01-22T05:01:14Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM040210101145
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20818
dc.description.abstractKetertinggalan di berbagai bidang di era globalisasi dibandingkan negaranegara tetangga rupanya menyebabkan pemerintah terdorong untuk memacu diri untuk memiliki standar internasional. Sektor pendidikan termasuk yang didorong untuk berstandar internasional. Dorongan itu bahkan dicantumkan di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 50 ayat (3) yang berbunyi : Pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional. Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga). Perangkat lunak utama yang digunakan untuk pengembangan media pembelajaran matematika bilingual berbantuan computer ini adalah Macromedia Flash Professional 8. Sedangkan software pendukung yang digunakan adalah Adobe Photoshop v7.0, Adobe Audition 1.5, Ulead Video Studio. Pemrograman ini menghasilkan file flash movie (*.swf) dan Application (*.exe). Langkah-langkah yang akan ditempuh dalam penelitian ini adalah berdasarkan langkah pengembangan media pendidikan oleh Sadiman. Adapun viii langkah-langkah tersebut antara lain: (1) identifikasi kebutuhan, (2) perumusan Tujuan, (3) perumusan butir materi, (4) perumusan kriteria media pembelajaran, (5) pembuatan media, (6) Uji Visualisasi Desain (Pengambilan Data), (7) Analisis Desain dan Data (evaluasi dan revisi), (8) Membuat Kesimpulan Evaluasi dan revisi pada penelitian ini melalui 3 tahap yaitu: (1) konsultasi dengan dewan pakar teknologi dan pembelajaran matematika, (2) Penilaian dan tanggapan oleh 2 orang guru matematika SMP, (3) Uji coba produk pada siswa kelas VIII. Teknik analisis data menggunakan analisis isi terhadap data kualitatif hasil wawancara dan analisis statistic deskriptif untuk menganalisis data hasil angket penilaian. Analisis statistic deskriptif menggunakan analisis prosentase untuk menentukan kualifikasi komponen produk media pembelajaran ini. Hasil dari angket pada tahap konsultasi dengan dewan pakar adalah 82,67 % (kualifikasi baik), tahap penilaian dan tanggapan guru matematika 90,42 % (kualifikasi sangat baik), tahap uji coba siswa SMP 79,62 % (kualifikasi baik). Desain media pembelajaran matematika ini terdiri dari materi dan contoh, latihan soal, info matematika, multimedia, hiburan berupa game dan media untuk berhitung. Produk akhir pengembangan media pembelajaran ini berupa CD pembelajaran dan buku panduan penggunaan media. Media pembelajaran yang dihasilkan telah bersifat interaktif, terorganisir, menarik, variatif, serta menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101145;
dc.subjectMedia Pembelajaran Matematikaen_US
dc.titlePegembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer dengan Bilingual Based Instruction pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) Kelas VIII SMP Semester 2en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record