Show simple item record

dc.contributor.authorMuji Hartatik
dc.date.accessioned2014-01-22T04:50:22Z
dc.date.available2014-01-22T04:50:22Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210274046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20781
dc.description.abstractGuru pada proses belajar mengajar, harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efisien dan efektif, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian, atau biasanya disebut metode mengajar. Masalah yang akan dicarikan solusi pemecahannya dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Apakah penggunaan metode mengajar diskusi mampu meningkatkan aktivitas belajar bidang studi IPS dengan materi : “Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan ”? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan model model skema PTK. Menurut “Kemmis dan Mc Taggart” kedua tokoh ini mengembangkan teori yang diciptakan oleh “Kurt Lewin” yaitu perencanaan, perlakuan, refleksi dan pengamatan dengan menambah komponen tindakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hal ini dilakukan baik terhadap siswa maupun guru dalam proses belajar mengajar. Dari data yang dihasilkan pada pra siklus keaktifan siswa terlihat sangat kurang yaitu hanya ada 6 siswa ( 42,86%) yang mencapai ketuntasan aktivitas belajar dari 14 siswa. Pada siklus I dengan menggunakan metode diskusi kelompok keaktifan siswa dapat meningkat dari 6 siswa yang tuntas menjadi 10 siswa (71,42%) sehingga ada peningkatan 28,56%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 100% dari jumlah siswa dapat dikatakan aktif dengan rata-rata ketuntasan aktivitas belajar 82,14%. Kesimpulan dari data di atas adalah penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dalam pembelajaran dianggap baik dan dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPS di sekolah, terutama di sekolah dasar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274046;
dc.subjectPenggunaan metode diskusi, meningkatkan aktivitas belajar siswaen_US
dc.titlePenggunaan Metode Diskusi Untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS Siswa kelas V semester II SDN Karangbendo 03 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2009/2010en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record